Penguatan Kurs Dolar Singapura terhadap Yen Sebagai Konsekuensi Tindakan BoJ

 

Langkah mengejutkan yang diambil oleh (Bank of Japan) pada pekan lalu untuk memperluas stimulus moneter belum pernah terjadi sebelumnya. Menurut Brown Brother Harriman & Co. hal ini membuat sejumlah pakar Singapura yakin akan terjadi pelemahan terhadap .sgd

Otoritas Moneter Singapura mempertahankan kecepatan dari apresiasi uang bulan lalu untuk melawan laju inflasi, yaitu sikap pengetatan yang kontras dibandingkan dengan Negara tetangga termasuk Korea Selatan, Cina dan Jepang. Indeks bank sentral resmi Singapura menunjukkan peningkatan sejauh 0,8% pada tahun 2014. Yen juga mengalami kemerosotan ke level terendah yang terjadi pada kurun waktu 7 tahun terakhir setelah BoJ menaikkan target tahunan untuk memperluas basis moneter hingga 80 triliun yen atau sekitar 701 Milyar USD.

“Sekarang posisi Yen sedang melemah. Saya kira hal ini setidaknya akan mengarahkan Jepang pada kebijakan yang lebih netral. ” Ujar Win Thin, Kepala Strategi di Brown Brothers Harriman & Co di New York.

Dolar Singapura hari ini (4/11) diperdagangkan pada SGD 1,2913/USD pada pukul 12.21 pada waktu setempat (New York). Nilai ini turun sebanyak 2,2% pada tahun ini. Dolar Singapura tercatat telah menguat sebanyak 5,9% terhadap Yen sepanjang tahun 2014.

Loading...