Pengembangannya Rumit, Biaya Pembuatan Aplikasi Android Ternyata Cukup Mahal

Ikon-ikon aplikasi smartphone android (sumber: androidpit.com)Ikon-ikon aplikasi smartphone android (sumber: androidpit.com)

dengan sistem operasi berbasis OS atau iOS saat ini memang banyak dibutuhkan di berbagai bidang, mulai dari untuk toko online, game, hingga ojek online. Pembuatan aplikasi smartphone tersebut memang tak jarang membutuhkan biaya yang cukup mahal karena sang klien perlu memikirkan urusan biaya pengembangan dan juga pemeliharaannya.

Menurut Fangestu K di situs Galena, dalam bidang pengembangan IT, pembuatan aplikasi memang cukup menjanjikan, tetapi bagi perusahaan tersebut, biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan sebuah aplikasi bisa dibilang tidak sedikit.

“Seperti salah satu perusahaan pengembang aplikasi besar seperti Hyperlink Infosystem, mereka mengeluarkan biaya sekitar Rp 80.000.000 – Rp 100.000.000 untuk pembuatan aplikasi. Perusahaan ini juga memiliki beberapa klien besar seperti Google, Cartoon Network, dan Disney. Ada pula perusahaan pengembangan aplikasi lainnya, yaitu Exygy dan Infosys kisaran biaya yang mereka keluarkan untuk membuat aplikasi sekitar Rp 200.000.000- Rp 500.000.000,” papar Fangestu.

Tetapi lain dengan pembuatan aplikasi Android yang sifatnya basic atau standar, misalnya saja untuk online shop. Saat ini sudah banyak penyedia jasa pembuat aplikasi Android, baik untuk toko online maupun aplikasi ojek online layaknya Gojek. atau biaya pembuatan aplikasi Android yang dipatok pun cukup variatif, tergantung dari -fitur yang ditawarkan.

Misalnya saja untuk Android App dan Website Plan, anggaran biaya awal yang harus dikeluarkan di salah satu penyedia jasa adalah Rp 3 juta, dengan biaya per bulan Rp 500 ribu. Lalu untuk paket jasa Android + iPhone App beserta website plan biayanya lebih mahal lagi, mencapai Rp 6 juta untuk biaya awalnya, ditambah dengan biaya bulanan Rp 1 juta.

Biaya lebih mahal berlaku untuk pembuatan aplikasi Android semacam Gojek. Di salah satu penyedia jasa pembuatan aplikasi ojek online yang ada di Bali, biaya yang dipatok mulai dari Rp 50 juta, dengan rincian aplikasi Android untuk user dan driver, web administrator, domain (*.com selama 1 tahun), hosting (cloud VPS selama 1 tahun), dan akun developer di Google .

Loading...