Pengecoran Dak Rumah Pakai Beton Cukup Mahal, Ini Perhitungan Biayanya

Perhitungan, biaya, dak, rumah, cor, beton, tingkat, lantai, satu, dua, bahan, bangunan, desain, developer, pengembang, kontraktor, daerah, tempat, tinggal, harga, jenis, semen, ukuran,Membangun dak rumah tingkat (sumber: ceilingbricks.com)

Saat ini, sudah cukup banyak pengembang atau developer yang menawarkan dalam bentuk jadi, terutama di perumahan-perumahan. Namun, yang ditawarkan dalam bentuk jadi ini terkadang tidak sesuai dengan selera, baik itu dalam hal desain, ukuran, maupun arsitektur secara keseluruhan. Nah, untuk mengatasinya, membangun sendiri adalah solusi yang kerap dilakukan.

Bagi mereka yang memiliki bujet terbatas, umumnya bakal membangun rumah dengan satu terlebih dulu. Jika tabungan mencukupi di kemudian hari, tidak ada salahnya untuk memperbaiki desain rumah yang sudah jadi, termasuk menambah menjadi dua . Nah, jika Anda memiliki rencana membangun rumah dua , maka salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah dak lantai.

Pada umumnya, yang dilapisi cor beton bertujuan untuk menambah ruang vertikal di lantai atas. Sebagian perumahan baru juga ada yang memberi lapisan cor beton pada atapnya dan tentu hal ini menjadi nilai tambah . Sebab beton mampu membuat di dalam rumah terasa lebih sejuk dan bebas kebocoran di musim hujan.

“Selain manfaat di atas, rumah yang diberi atap beton atau dak ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang terbuka yang berguna, aman dan nyaman, bahkan menjadi tempat hangout bersama keluarga dan teman. Meski kenyataannya ada beberapa pemilik rumah yang memilih untuk membiarkan daknya tidak terurus atau hanya menjadi area jemur pakaian,” ujar Fathia Azkia lewat situs Rumah.com.

Untuk membuat dak rumah secara konvensional, yang dibutuhkan antara lain, besi berdiameter 10mm, beton, semen, pasir, kerikil, triplek tebal ukuran 8mm, bambu, kawat bendrat, dan paku.

Biasanya atap dak akan dicor menggunakan beton. Pengecoran atap dak dengan menggunakan beton dinilai memiliki banyak keunggulan, salah satunya Anda tidak perlu lagi melakukan pembongkaran jika nanti memiliki anggaran yang cukup untuk membuat di lantai atas. Selain itu, jika Anda mulai membangun lantai atas, aktivitas di lantai bawah tidak akan terganggu karena adanya dak ini.

Namun, untuk pengecoran dak lantai beton memang tidak sedikit. Pasalnya, ada beberapa yang diperlukan untuk pengecoran dak lantai. tersebut meliputi papan cor untuk bekisting, tiang penyangga, besi beton, kawat pengikat, beton, pasir khusus cor, split, hingga semen. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan ongkos untuk tukang bangunan dan kenek.

Untuk standarnya, beton yang digunakan adalah minimal yang mampu menahan beban 200 kg/m2 atau K200. Biasanya, semakin besar nilai dari setiap jenis mutu beton, maka semakin banyak pula komposisi semen dan split yang digunakan. Namun, itu bukan berarti semakin banyak semen yang digunakan, maka semakin baik juga kualitas dak lantai beton. Malahan, semakin banyak semen yang digunakan di luar standar mutu beton, maka cor beton akan cepat rusak dan boros biaya. Jadi, standar jenis mutu beton yang cocok untuk pengecoran dak lantai adalah K200 hingga K300.

Lantas, berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengecoran dak rumah? Biaya untuk melakukan kegiatan ini bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing kontraktor. Rata-rata total biaya cor dak lantai beton per meter persegi mulai Rp700 ribuan hingga Rp1 jutaan. Perhitungan biaya ini bisa lebih murah ataupun lebih mahal, tergantung daerah tempat tinggal.

Loading...