Penentu Keberhasilan Budidaya, Berapa Harga Telur Gurame Tahun 2018?

Harga, telur, gurame, gurami, ikan, 2018, tahun, butir, benih, petani, lokal, pemasok, bibit, budidaya, Yogyakarta, Purwokerto, Tasikmalaya, Indonesia, pulau, nasional, konsumsi, populer, jenis, air, tawar, keunggulan, bentuk, tubuh, mahal, nilai, ekonomis, Mega Farm, masyarakat, faktor, umur, habitat, kualitas, induk, box, isi, kantongBayi gurami setelah menetas (sumber: Flickr.com)

gurame merupakan salah satu jenis tawar yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar. Hal ini menjadikan nilai ekonomis gurami juga sangat tinggi. Jenis yang satu ini sudah banyak dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu keunggulan dari gurame adalah mudah dipelihara, dapat berkembang biak secara alami, dapat hidup di air tenang, serta jualnya relatif mahal.

Ikan gurame memiliki ukuran tubuh yang relatif panjang. Bentuk tubuhnya yang pipih memberikan kesan bentuk tubuh yang lebar meninggi. Seluruh permukaan tubuhnya tertutup oleh sisik-sisik yang besar, kasar, dan kuat. Pada tubuh bagian bawah terdapat sirip perut yang memiliki jari-jari dan berfungsi sebagai alat peraba. Jika dilihat dari samping, bentuk tubuh ikan gurame tampak meninggi dan terkesan membulat.

Ikan gurame banyak hidup di perairan-perairan di Indonesia. Pada habitat alaminya, ikan ini dapat hidup cukup lama. Laju pertumbuhan ikan gurame tergolong lambat jika dibanding ikan-ikan komersial lainnya, seperti ikan nila dan ikan mas. Namun demikian, ikan gurame memiliki cita rasa daging yang sangat lezat dan banyak digemari masyarakat. Selain itu, ikan gurame juga memiliki pangsa yang cukup besar dan tergolong ikan konsumsi papan atas. Sebagai gambaran umum laju pertumbuhan ikan gurami, pada umur satu tahun ikan ini dapat tumbuh hingga panjang mencapai 15 cm.

Salah satu faktor penentu suksesnya berbudidaya ikan gurame adalah pemilihan atau bibit gurame yang berkualitas. Di beberapa daerah di Indonesia, seperti Yogyakarta, Purwokerto, dan Tasikmalaya bahkan menjadi pemasok kebutuhan gurame, baik di dalam dan luar kota.

Mega Farm adalah kelompok tani penghasil telur ikan gurami yang berlokasi di Yogyakarta menawarkan bibit dan telur gurame murah berkualitas untuk petani pendederan di seluruh nusantara. Mega Farm siap melayani pesanan lokal dan nasional dengan mengedepankan prinsip-prinsip jujur dalam hitungan, saling menguntungkan, aman sampai tujuan dan dapat menjadi mitra sejati dalam tata niaga

“Kami menjual telur gurame berkualitas dengan harga murah. Kami mengutamakan kualitas yang kami jual karena telur yang berkualitas menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan panen gurami, selain faktor lain seperti kualitas tanah di , kualitas air, kualitas pakan, dan keberuntungan tentunya,” demikian dalam catatannya.

Untuk memberikan telur yang siap menetas ke seluruh pelosok Indonesia dan kelayakan dan mutu bagus, Mega Farm khusus menyediakan telur gurami dari kolam permanen dan terpal sehingga mudah beradaptasi saat ditebar di kolam permanen di seluruh daerah dengan kondisi yang berbeda. Apalagi jika ditebar di kolam tanah, tentu akan lebih siap dan cepat pertumbuhannya.

Harga telur gurame yang ditawarkan Mega Farm di tahun 2018 ini adalah Rp50 per butir. Biasanya dalam satu box berisi 12 kantong atau berisi sekitar 60.000 butir telur gurame. Harga tersebut merupakan harga dasar untuk petani lokal, untuk pengiriman luar pulau perhitungannya adalah harga dasar + biaya cargo + biaya uji lab karantina.

“Kualitas induk bersertifikasi, sumber daya manusia, dan sarana prasarana yang memadai merupakan modal yang kami miliki guna menghasilkan benih yang sehat, murah dan berkualitas, untuk petani yang berada di luar pulau benih akan kami kirimkan melalui cargo pesawat udara dengan packing standar Garuda Indonesia,” tambahnya dalam keterangan.

Loading...