Penelitian Ungkap Manfaat Minum Susu Untuk Perkembangan Tulang Anak

Anak Minum SusuAnak Minum Susu

Tak sedikit penelitian yang mengungkapkan bahwa susu menjadi penyempurna kebutuhan gizi manusia. Tidak hanya untuk bayi, susu juga dibutuhkan untuk semua umur, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lanjut. Dengan rutin meminum susu setiap harinya, manusia akan memperoleh banyak manfaat dan kebaikan yang bisa berdampak baik pada kondisi tubuh.

“Masyarakat umumnya beranggapan susu hanya untuk anak. Padahal remaja, dan dewasa juga memerlukan susu. Bagi remaja dan dewasa, minum susu secara rutin bermanfaat bagi kekuatan tulang dan , karena susu menyediakan sebagian kebutuhan gizi harian seperti kalsium, dan vitamin D yang penting bagi kekuatan tulang dan hidup aktif di masa tua,” kata Prof. Dr Hardinsyah MS, Ahli Gizi dan Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan), dilansir dari Tribunnews.

Ada banyak jenis susu yang bisa dikonsumsi, seperti susu sapi, susu kambing, susu unta, maupun susu kedelai. Semua jenis susu tersebut memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, salah satu jenis susu yang paling populer dan paling banyak dikonsumsi adalah susu sapi.

Susu sapi memiliki kandungan kalori yang cukup sehingga mampu menjamin perkembangan tubuh anak. Ada pula protein yang ampuh untuk memberikan energi yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kalsium yang ada di dalam susu juga berkontribusi untuk perkembangan tulang anak.

Para peneliti menilai, anak-anak yang terbiasa meminum susu semenjak dini akan membawa kebiasaan sehatnya sampai usia tua nanti. Orang-orang usia lanjut yang sering mengkonsumsi susu sejak dini juga memiliki mobilitas yang lebih baik, seperti adanya keseimbangan dalam tubuh.

The 2010 Dietary Guidelines merekomendasikan dua gelas susu untuk balita usia dua sampai tiga tahun, 2 ½ gelas untuk anak-anak usia empat sampai delapan tahun, dan 3 gelas susu setiap hari untuk usia remaja dan dewasa. susu setiap pagi hari saat sarapan adalah kesempatan ideal untuk membantu anak-anak dalam memulai hari.

Susu menyediakan hingga 40 persen kandungan kalsium untuk kebutuhan seorang anak setiap hari. Dengan konsumsi susu yang teratur, mereka juga mampu terbebas dari osteoporosis yang mungkin saja menghampiri ketika mereka menua.

Banyak yang berpendapat bahwa dengan minum susu akan membantu mencegah osteoporosis. Ada beberapa penelitian juga yang merujuk pada khasiat susu yang menguntungkan tulang.

Sebuah studi yang diterbitkan awal tahun 2014, oleh Institut Kesehatan Amerika Serikat menemukan mereka yang mengkonsumsi susu memiliki risiko mengalami pelemahan tulang 40 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang sedikit mengkonsumsi susu.

Profesor Daly sendiri pernah melakukan penelitiannya sendiri dan menemukan berkurangnya pelemahan tulang di lengan dan punggung di kalangan pria berusia di atas 50 tahun yang mendapat asupan kalsium dan vitamin D dari susu.

Ia mengatakan perlu adanya percobaan yang membandingkan peminum susu dan peminum non-susu selama periode waktu yang panjang. Dan tentu saja penelitian ini akan berskala besar dan harus dilakukan dalam waktu yang sangat lama.

Menurutnya, untuk mendapatkan tulang yang kuat, diperlukan tidak hanya vitamin D dan kalsium, tapi juga protein dan tentu saja olah raga secara teratur. Profesor Daly yakin hal ini bisa mengurangi risiko pelemahan tulang atau osteoporosis.

Loading...