Pendidikan Setara SMP, Berapa Biaya Kejar Paket B?

Kejar Paket B - jateng.tribunnews.comKejar Paket B - jateng.tribunnews.com

JAKARTA – Bagi mereka yang ingin lulus setara SMP namun terkendala , tidak perlu khawatir. Pasalnya, mereka dapat mengikut Kejar B yang memungkinkan atau peserta didik mendapatkan dan mengikuti ujian kesetaraan untuk mendapatkan ijazah. Bisa dilakukan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang terdaftar di Departemen Pendidikan dan , biaya Kejar Paket B ini tergolong terjangkau dan bisa diikuti segala usia.

Biaya Kejar Paket B memang cukup murah, namun bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing PKBM. PKBM yang dikelola Yayasan Robiatul Adawiyah Marunda di kawasan Cilincing, Jakarta Utara misalnya, mematok biaya sebesar Rp200.000 dan biaya pendidikan Rp2.500.000 (bisa diangsur 10 kali). Sementara, LPK Pelita Nusantara di Bandung menetapkan biaya Kejar Paket B sebesar Rp150.000 per bulan selama 10 kali atau Rp240.000 per bulan selama enam kali.

Biasanya, mereka yang ingin mengikuti Kejar Paket B harus memenuhi beberapa persyaratan seperti lulus SD dan harus memiliki ijazah SD, mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan pasfoto , membayar uang pendaftaran, serta memiliki ijazah SMP bagi mereka yang hendak mengikuti ujian kesetaraan. Kejar Paket B ini umunya diadakan pada akhir pekan, hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Seperti dijelaskan sebelumnya, untuk mengikuti Kejar Paket B, tidak ada batasan umur. Mereka yang merasa sudah tua tetapi masih ingin mengejar pendidikan yang layak, juga dapat mengikuti ini. Bahkan, banyak PKBM yang menerima siswa Kejar Paket B dari golongan usia 40 tahun ke atas, yang rata-rata adalah pekerja atau orang yang tidak mampu.

“Awalnya saya malu ketika ingin daftar sekolah paket karena usia sudah tua. Tetapi, tidak sekolah malah rugi. Niat ikhlas menuntut ilmu, saya nekat sekolah lagi dengan Paket B ini,” ujar Sulastri, salah satu peserta Kejar Paket B di PKBM Puna Kawan yang sudah berusia 40 tahun. “Saya sudah izin suami untuk sekolah lagi di Paket B ini. Alhamdulillah diperbolehkan. Akhirnya, ambil Paket B. Belajarnya juga hanya akhir pekan. Jadi tidak mengganggu keluarga.”

Loading...