Pendaftaran Dibuka Januari-Mei, Ini Rincian Biaya Pesantren Fajar Dunia

Pesantren Fajar Dunia - fajardunia.comPesantren Fajar Dunia - fajardunia.com

Fajar Dunia merupakan salah satu yang tidak hanya berorientasi pada kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan spiritual, mental, dan emosional. Pondok pesantren yang berlokasi di Cileungsi, Bogor tersebut menerima santri baru mulai bulan Januari hingga Mei, dengan pendaftaran sebesar Rp200 ribu, atau Rp400 ribu bagi pindahan.

Dilansir dari resminya, calon santri yang ingin melanjutkan studi di tempat ini harus memenuhi beberapa seperti salinan ijazah SD/SMP yang sudah dilegalisir, salinan SKHUN dilegalisir, salinan rapor terakhir dilegalisir, salinan Akta Kelahiran, salinan KK, salinan kartu NISN, serta surat pernyataan kesanggupan menaati peraturan sekolah. Selain itu, calon siswa juga wajib lulus seleksi tes kemampuan dasar dan bebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Tes masuk (TEKAD) akan diadakan sebanyak tiga gelombang, yaitu Gelombang I pada bulan Maret, Gelombang II pada bulan April, dan Gelombang III pada bulan Mei,” tulis Fajar Dunia dalam situs resminya. “Materi yang akan diujikan adalah Al Quran (tes lisan), Bahasa Inggris (tes tulis), Matematika dan IPA (tes tulis), dan psikotes (wawancara). Informasi kelulusan akan disampaikan melalui SMS atau satu minggu setelah pelaksanaan tes.”

Selain biaya pendaftaran, nantinya santri baru akan dikenakan biaya daftar ulang yang wajib dibayarkan setelah dinyatakan lulus tes. Kemudian, membayar SPP paling lambat tanggal 10 di setiap bulannya, biaya daftar ulang setiap tahun, biaya ujian (UTS, UAK, UKK, dan UN), serta biaya modul dan buku penunjang yang dibayarkan setiap tahun bersamaan dengan biaya daftar ulang.

Kurikulum yang diterapkan di pondok pesantren ini sarat akan pengembangan intelektual, emosional, serta mental dan spiritual, dengan mengintegrasikan kurikulum nasional, baik dari Kementerian Pendidikan maupun Kementerian Agama, serta keunggulan lokal. Standar kompetensi yang diharapkan di antaranya hafalan Al Quran 1,5 juz per tahun, lulus enam level dalam bahasa asing, sabuk hitam karate, serta kajian kitab salaf.

Loading...