Penawaran Variatif, Biro Perjalanan Kerap Beri Diskon Biaya Umroh untuk Bayi

Umroh untuk Bayi - parenting.dream.co.idUmroh untuk Bayi - parenting.dream.co.id

Pendidikan memang perlu diajarkan pada sejak dini. Anggapan inilah yang membuat sejumlah orang tua merasa yakin untuk mengajak mereka ke Tanah Suci Mekah untuk menjalankan ibadah umrah bersama. Oleh sebab itu bukan hal yang asing apabila jemaah umrah asal Indonesia biasanya juga berasal dari kalangan -anak usia 8 tahun, 5 tahun, 2 tahun, atau bahkan yang umurnya masih di bawah 1 tahun. Lalu berapa sebenarnya biaya yang dibutuhkan untuk ?

Besaran biaya umroh untuk bayi sebenarnya bersifat sangat relatif, tergantung dari penyedia jasa keberangkatan umrah yang dipilih. Selain itu peraturan mengenai usia bayi yang diizinkan untuk dibawa masuk ke dalam pun berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Menurut pengakuan salah satu jemaah umrah yang pernah membawa buah hatinya beribadah umrah, rupanya untuk bayi atau anak-anak usia 0-2 tahun biasanya memperoleh potongan yang cukup besar lantaran jatah seat atau tempat duduk di pesawat masih harus dipangku oleh orang tuanya. Urusan penginapan pun demikian, bayi biasanya masih dianggap sharing bed dengan orang tua.

Beberapa travel ada yang mematok biaya umroh sebesar 10% saja untuk bayi dan mendapat yang sama dengan orang dewasa, yakni mendapatkan 1 porsi makan, koper, dan kedapatan jatah seat sendiri dalam pesawat. “Umrah bersama SafariQu, Malika dikenakan biaya 1200 USD (pesawat tanpa kursi, hotel bintang 3 non-bed). Alhamdulillah, Malika dapat kursi sendiri di pesawat,” kata salah satu jemaah umrah bernama Oktafiani, seperti dilansir Aqlnews.

Selain itu, ada pula biro perjalanan haji dan umrah yang menawarkan promo potongan cukup besar untuk pelanggannya. Beberapa biro dikabarkan menawarkan promosi diskon hingga 75% untuk anak usia 0-2 tahun. Jika ingin berhemat, calon jemaah umrah mungkin bisa mempertimbangkan penawaran tersebut.

Sebagai informasi, dalam waktu dekat ini Kementerian Agama RI akan mengeluarkan peraturan khusus yang menetapkan batas minimum biaya umrah sebesar Rp 20 juta. Aturan yang telah diberlakukan namun belum rampung tersebut diharapkan dapat melindungi kepentingan calon jemaah.

“Angka Rp 20 juta itu sebenarnya hanya pada patokan untuk menetapkan harga referensi yang dapat dijadikan pedoman oleh penyelenggara ibadah umrah atau PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) atau travel umrah. Angka 20 itu diperoleh dari standar minimal yang ditetapkan di Peraturan Menteri Agama No 8 tahun 2018. Meliputi berbagai , bimbingan ibadah, akomodasi, tiket, transportasi selama di Saudi, sampai pada handling, pengurusan dokumen dan seterusnya,” papar Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Kementerian Agama, Mastuki kepada BBC.

Loading...