Pemulihan Lebih Cepat, Biaya Operasi Katarak dengan Laser Berkisar Puluhan Juta Rupiah

Biaya Operasi Katarak dengan Laser - www.alodokter.comBiaya Operasi Katarak dengan Laser - www.alodokter.com

katarak sebelumnya mungkin dianggap menyeramkan karena masih memakai metode konvensional. Namun seiring zaman, kini sudah dikembangkan katarak dengan metode laser yang lebih minim rasa sakit dan penyembuhannya relatif lebih cepat. Karena metode yang digunakan lebih canggih, tak heran jika biaya katarak dengan laser relatif lebih mahal dibanding metode biasa.

“Kalau dulu pakai lama yakni operasi ECCE. Prosesnya membuat luka lebar, mata dibuka manual. Limbus kornea dibuka sepertiganya,” kata dr. Setiyo Budi, operator untuk bedah katarak dan refraktif di Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Center (RSM JEC), seperti dilansir Kompas.

Metode lama itu memakai pisau untuk menyayat kornea secara manual. Setelah penanganan ekstraksi ekstrakapsular katarak (ECCE), akan mendapat 5-7 jahitan untuk menutup luka. Menurut Setiyo, hal ini pula yang mengakibatkan masyarakat enggan mengobati katarak.

Akan tetapi saat ini cara itu sudah tak lagi diterapkan. Operasi katarak sebagian besar dikerjakan dengan teknologi terbaru yang pemulihannya lebih cepat. Teknik bedah yang digunakan adalah femtosecond laser. “Gelombang ultrasound diubah jadi energi gerak. Luka paling hanya berukuran kecil, insisi lebarnya hanya 2,2 milimeter. Katarak ditembak, dihancurkan. Lalu dipasang lensa yang dilipat,” bebernya.

Dengan teknik laser, dokter pun tak perlu menutup luka pasien dengan jahitan. Variasi lensa tanam pun membantu pasien memperoleh penglihatan yang lebih baik. Lensa yang rusak karena katarak nantinya diganti dengan lensa intra okuler. Adapun biaya operasi katarak dengan laser berkisar puluhan juta . Misalnya di Jakarta Eye Center (JEC), paket operasi FLACS (Femtosecond Laser Assisted Cataract Surgery) + lensa monofocal dibanderol Rp 28,5 juta per 1 mata, sedangkan paket operasi FLACS + lensa multifocal atau yang dipatok mencapai Rp 36,6 juta per 1 mata.

Saat ini penderita katarak pun tak perlu khawatir akan biaya, pasalnya beberapa rumah sakit atau lembaga biasanya ada yang menggelar promo operasi katarak gratis. Bahkan BPJS Kesehatan pun menanggung biaya operasi katarak sesuai standar tertentu.

“Ada orang-orang yang sebetulnya bukan prioritas untuk dioperasi, karena dia masih bisa aktivitas, tidak ada gangguan seperti itu. Maka kita sepakat yang dioperasi itu yang visusnya kurang dari enam per delapan belas,” kata Deputi Direksi Jaminan Pelayanan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Budi Mohamad Arief. Sedangkan pasien yang penglihatannya masih bagus biaya operasi atau pengobatan kataraknya tak ditanggung BPJS.

Loading...