Peminat Tinggi, Biaya Pendaftaran SMA Dempo Malang Sebesar Rp 150 Ribu

biaya, sma, dempo, malang, jalur, penerimaan, siswa, baru, tahun, pelajaran, 2018/2019, tes, administrasi, wawancara, orang tua, dokumen, pendaftaran, cadangan, lolos, awal, tanggal, jadwal, psikologiSiswa sekolah menengah atas

Menjadi lokasi syuting film ‘Yowis Ben’ karya Bayu Skak, Dempo dinilai sebagai salah satu swasta favorit di Kota . Diberi nama Dempo karena nama jalan yang membentang di hadapan sekolah itu bernama Jalan Dempo. Dari situlah, SMAK St. Albertus lebih dikenal dengan nama SMA Dempo.

Di tahun 2018/2019, SMA Dempo menerima siswa baru, baik yang berasal dari dalam atau luar Kota Malang. Setiap pendaftar, wajib membayar atau pembelian formulir sebesar Rp 150.000. Setelah itu, formulir wajib diisi. Pihak sekolah akan melakukan seleksi administrasi, dan dilanjutkan dengan berbagai tes lain. Untuk pendaftar yang lolos seleksi penerimaan akan menerima pemberitahuan melalui telepon dari pihak sekolah.

Beberapa tes yang harus dijalani calon siswa baru SMA Dempo antara lain tes psikologi dan akademis. Jadwal tes psikologi dibagi menjadi dua kelompok yaitu tanggal 21 Januari 2018 (kelompok I), dan 20 Mei 2018 (kelompok II). Sedangkan, tes akademis dilaksanakan pada 7 Juli 2018.

Pada penerimaan siswa baru 2018/2019, SMA Dempo melakukan penutupan pendaftaran lebih awal dikarenakan pendaftar yang sudah terlalu banyak. Sejak dibuka November 2017, ada sekitar 619 siswa SMP yang mendaftar. Sementara, jumlah siswa yang diterima hanya berjumlah 331 siswa. Jumlah yang diterima termasuk pendaftar yang memiliki nilai rapor tinggi atau berprestasi dalam bidang non-.

Selanjutnya, apabila di antara 331 siswa yang diterima itu ada yang mengundurkan diri, maka pihak sekolah akan menyediakan kuota untuk siswa cadangan dari jumlah siswa keseluruhan.

“Selisih 619 dan 331 siswa ada sekitar 288 siswa yang bisa menjadi cadangan kami. Jika ada yang mundur, nanti akan kami umumkan pada bulan April siapa saja yang lolos dan diterima di SMAK Dempo,” ujar Iynetia Maria M. MPd, Wakil Kepala SMAK Dempo.

SMA Dempo juga membuka jalur penerimaan prestasi yang diseleksi dengan tes tertulis beasiswa. Untuk tahun 2018/2019, dilansir dari situs resminya, ada sekitar 10 siswa yang telah diterima. Sebagian besar berasal dari SMP swasta di Malang.

Tidak hanya di SMA Dempo saja siswa berprestasi ditampung, tetapi juga di SMA swasta lainnya. Sebut saja SMA Lab UM dan SMAK Frateran. SMA Lab UM mulai menjaring siswa berprestasi sejak awal 2018, dan sudah melaksanakan tes pada 24 Februari 2018. Wakil Kepala (Waka) Kurikulum, Dedy Setyawan mengatakan bahwa seleksi dilaksanakan dalam dua tahap.

“Pertama, untuk siswa berprestasi dari SMP Lab, dan kedua untuk seluruh SMP se-Malang Raya, yang tesnya sudah dilaksanakan pada 31 Maret 2018,” ujar Dedy.

Sama seperti SMA Dempo, SMA Lab UM juga telah menutup lebih awal penerimaan siswa, Jalur penerimaan yang ditutup adalah jalur prestasi. Walaupun membuka pendaftaran lebih awal, tetapi pihak SMA Lab UM mengatakan bahwa persyaratan yang ditetapkan terbilang tinggi.

“Untuk penjaringan siswa berprestasi, tentu sama ketat dengan tahun sebelumnya. Ada seleksi persyaratan dokumen, rapor, tes akademik, UN, dan wawancara antara siswa dan orang tua,” ungkap Dedy kembali.

Loading...