Pembuatannya Kini Dipermudah, Berapa Biaya Perpanjang SIM A Umum?

Perpanjang SIM A - www.viva.co.idPerpanjang SIM A - www.viva.co.id

Setiap pengemudi berbasis saat ini diwajibkan untuk memiliki SIM A Umum. Kewajiban memiliki surat izin mengemudi (SIM) A Umum ini ditetapkan usai angkutan khusus atau taksi sepakat untuk masuk ke dalam ranah angkutan umum sesuai Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Kementerian Perhubungan pun berupaya untuk meringankan pembuatan SIM A Umum dan mempermudah prosedurnya.

Sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa ada salah satu sopir taksi online yang sampai harus menghabiskan Rp 700 ribu untuk mengurus SIM A Umum. Kasi Satpas SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar pun berusaha untuk mengklarifikasi hal tersebut. “Jadi biaya sampai Rp 700.000 itu tidak sepenuhnya dibayarkan kepada kami. Satpas SIM hanya melayani dalam penerbitan SIM,” kata Fahri, seperti dilansir Kompas.

Adapun biaya penerbitan SIM A Umum baru adalah sekitar Rp 170.000. “Biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) untuk pembuatan SIM A umum baru adalah sebesar Rp 120.000 ditambah biaya uji simulator sebesar Rp 50.000,” kata Fahri. Kemudian untuk biaya perpanjang SIM A Umum sebesar Rp 80.000 (PNBP) dan Rp 50.000 untuk uji simulator.

Fahri juga membenarkan jika terdapat sejumlah persyaratan yang dibutuhkan seperti melampirkan uji , uji psikologi, dan sertifikat pelatihan atau pendidikan mengemudi dari lembaga terakreditasi. “Untuk ketiga syarat itu bukan kami yang melayani. Misalkan berarti rumah terkait yang menentukan . Demikian juga dengan uji psikologi dan sertifikat mengemudi. Jadi jangan dijadikan satu paket kami membebankan Rp 700.000,” ujarnya.

Karena banyak dikeluhkan oleh pengemudi taksi online, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pun berupaya untuk mempermudah proses pembuatan dan perpanjangan SIM A Umum sejak Februari 2018 lalu. “Kami berikan kesempatan mereka hanya bayar Rp 100 ribu. Itu sudah jadi (SIM A Umum-nya),” kata Budi.

Subsidi pembuatan SIM A Umum tersebut diberikan pada 600 orang driver taksi online beberapa waktu lalu. “Sehabis ini (pembuatan SIM A Umum Rp 100 ribu) nanti uji kir atau uji berkala kendaraan juga akan dipermudah dan gratis. Jadi kami sama-sama selesaikan masalahnya dengan memberi solusi,” tandas Budi.

Loading...