Peluang Bisnis Meningkat Akibat Gaya Hidup Sehat, Harga Buah Lemon di Pasaran Bervariasi

Harga, buah, lemon, di, pasaran, kg, gram, impor, lokal, jeruk, gaya, hidup, infused, infusan, water, air, peluang, bisnis,Ilustrasi: buah lemon (livescience.com)

Buah jeruk lemon kerap dimanfaatkan sebagai bahan kesehatan dan , permintaan yang kian tinggi tiap tahunnya, menjadikan buah ini banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia. Peluang bisnisnya pun dianggap cukup menarik.

Jeruk lemon atau lemon adalah sejenis jeruk yang sari buahnya biasa digunakan sebagai penyedap dan penyegar dalam banyak seni boga dunia. Sejak tren gaya hidup sehat masyarakat di tanah air meningkat, kini lemon banyak dipakai untuk bahan dasar minuman. Dilihat dari zat kandungannya, lemon yang memiliki nama latin Citrus Limon ini, kaya C, sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Wajar, jika kini semakin banyak minuman yang berbahan dasar lemon seperti sirup, selai, jus, dan minuman ringan.

Salah seorang yang telah mencicipi keuntungan dari bisnis ini ialah Agus Roma Riswanto, yang dikenal sebagai pemasok buah di kawasan Bandung, Jawa Barat. Bahkan ia sampai kewalahan memenuhi tingginya permintaan jeruk lemon, hingga 5 ton per hari. “Saya baru bisa memenuhi 100-200 kg per rninggu,” ujarnya.

Menurutnya, kebutuhan swalayan terhadap lemon kian besar. Namun dirinya hanya mampu memenuhi 10% untuk melayani kebutuhan swalayan di Jakarta, Bandung, Malang, dan Surabaya. Selain memasok kebutuhan seorang diri, ia juga bekerja sama dengan petani mitra di Jawa Barat dan Jawa Timur.

Jenis lemon yang ia tanam adalah lemon Kalifornia. Menurutnya, lemon jenis ini mampu berproduksi pada umur 1,5 tahun setelah tanam. “Jeruk biasa rata-rata 2-3 tahun baru berproduksi. Namun, lemon Kalifornia lebih cepat dan relatif tahan hama dan penyakit,” ucap Agus.

Saat ini, permintaan lemon kian meningkat seiring berkembangnya gaya hidup sehat melalui konsumsi air infusan (infused water). Pelaku gaya hidup sehat biasanya akan memanfaatkan lemon sebagai campuran bahan air infus lantaran berkhasiat dan rasanya segar. Para pekebun lain di Tanah Air pun menangkap peluang pasar lemon.

Wongso Suseno di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, misalnya, mengebunkan lemon California atau Amerika sejak Mei 2013 lalu. Ia mendatangkan 80 dari Surabaya, Jawa Timur. Dari total 80 pohon tersebut, ia memperoleh rata-rata 200 kg buah lemon per minggu. Kemudian, Wongso mengirim hasil panen itu ke pasar swalayan di Purwokerto.

Di , jual buah jeruk lemon sangat beragam, tergantung dari jenisnya. Untuk jeruk lemon Australia, terbarunya sebesar Rp70.000 – Rp80.000 per kilogram (kg). Sedangkan untuk lemon lokal di pasaran tersedia dalam kemasan per 250 gr, yang dijual dengan lebih terjangkau yakni Rp 11 ribuan.

Perbedaan jeruk lemon impor dan lokal tersebut bisa dibedakan pada warnanya, lemon lokal berwarna kuning muda, teksturnya lebih bundar dan memanjang, rasanya lebih asam daripada lemon impor. Sedangkan lemon impor kulitnya berwarna kuning tua, permukaannya licin, aromanya lebih harum daripada lemon lokal.

Loading...