Pelindung Tanaman, Harga Waring Pagar Mulai Rp6 Ribuan per Meter

Waring Jaring Penghalau Perangkap Burung Emprit - www.bukalapak.com

JAKARTA – Waring merupakan salah satu atau perlengkapan berupa jaring yang biasa digunakan untuk membantu petambak di kolam keramba. Namun, tidak hanya melindungi ikan, waring juga sering dimanfaatkan sebagai pagar pelindung tanaman. Di pasaran, waring pagar ini sekarang dengan mulai Rp6 ribuan per meter.

“Waring merupakan jejaring yang dibentuk dari anyaman plastik atau snare nuts, yang memiliki fungsi dan manfaat luar biasa untuk membantu petambak maupun ,” tulis Jitu News. “Waring dapat digunakan dalam keperluan ikan atau biasa disebut water net, biasanya berwarna hitam, dan karena warna inilah, banyak orang menyebutnya sebagai waring hitam.”

Selain untuk perikanan, di dan perkebunan, alat ini juga banyak dimanfaatkan sebagai pagar untuk melindungi tanaman dari serangan hama. Penggunaan waring sebagai pagar ini bisa ditemui di daerah-daerah , seperti Parung, Lampung, Bengkulu, Brebes, Jambi, Malang, dan daerah lain. Karena fungsinya tersebut, banyak orang yang menyebutnya sebagai waring pagar.

Umumnya, waring pagar memiliki panjang satu meter dengan tinggi sekitar 1,2 meter. Dengan ketinggian tersebut, tanaman dinilai cukup aman dari gangguan binatang, termasuk ayam, bebek, dan bahkan kambing yang berkeliaran di sekitar perkebunan. Jika diperlukan, waring juga bisa dimanfaatkan untuk menangkis hama dari atas, seperti burung pemakan biji-bijian, meski jarang dilakukan.

Untuk waring pagar ini, umumnya yang dipakai oleh petani adalah waring hitam tipe TL. Waring ini memiliki anyaman yang sederhana, dengan dua benang pilin berbentuk vertikal, dan dalam satu rongganya bisa dimasuki satu benang horizontal. Lebar lubang sekitar 4 mm, dengan berat di kisaran 7,3 kg hingga 7,6 kg per gulung (roll).

Saat ini, tidak sulit menemukan waring pagar karena sudah dijual bebas di pasaran. Di salah satu jual beli , waring pagar dengan panjang 1 meter dan tinggi 120 cm sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp6 ribuan hingga Rp7 ribuan untuk eceran. Namun, jika membelinya per roll, harganya sekitar Rp375 ribuan untuk panjang 100 meter.

Loading...