Pelantikan Presiden AS, Airbnb Batalkan Semua Reservasi di Washington

Online Marketplace Airbnb - www.ft.comOnline Marketplace Airbnb - www.ft.com

WASHINGTON – Online marketplace yang menyediakan penginapan hingga apartemen, Airbnb, mengumumkan akan memblokir dan membatalkan semua reservasi di area Washington, DC, selama minggu pelantikan presiden AS. Keputusan itu diambil sebagai tanggapan atas lokal, bagian, dan federal yang meminta orang untuk tidak melakukan perjalanan ke Washington.

Dilansir dari TRT World, keputusan yang diambil diambil dua hari setelah mereka mengatakan sedang meninjau reservasi di daerah itu sebelum pelantikan, berniat melarang tamu yang terkait dengan pembenci atau aktivitas kekerasan. Bagi tamu yang pemesanannya dibatalkan, akan dikembalikan secara penuh, demikian pula dengan uang tuan rumah.

Dikatakan pula bahwa reservasi di HotelTonight, layanan milik Airbnb yang menangani penawaran menit terakhir di hotel-hotel berperingkat teratas, juga akan dibatalkan. Airbnb menolak menyebutkan berapa banyak reservasi yang dibatalkan. Namun, selama akhir pekan Hari Presiden, situs tersebut mencantumkan lebih dari 300 persewaan di wilayah Washington. “Kami melanjutkan pekerjaan kami untuk memastikan anggota kelompok pembenci bukan bagian dari komunitas Airbnb,” kata perusahaan.

Airbnb mengklaim bahwa mereka telah mengetahui melalui media atau sumber penegakan hukum tentang nama-nama individu yang dikonfirmasi bertanggung jawab atas aktivitas kriminal di US Capitol, lantas diselidiki apakah individu yang disebutkanmemiliki akun di Airbnb. Melalui ini, perusahaan akhirnya mengidentifikasi banyak individu yang terkait dengan kelompok pembenci yang diketahui atau terlibat dalam aktivitas di Gedung Capitol, dan mereka telah dilarang dari platform.

Perusahaan sendiri memiliki kebijakan untuk mengeluarkan tamu yang dikonfirmasi sebagai anggota kelompok pembenci sejak tahun 2017 lalu, ketika mereka memblokir orang-orang yang dinilai terlibat dalam aksi unjuk rasa supremasi kulit putih di Charlottesville, Virginia. Airbnb pun mengatakan bahwa mereka tidak akan memberikan donasi politik kepada Partai Republik yang memilih untuk tidak mensertifikasi hasil pemilihan, bergabung dengan Marriott, AT&T, Walmart, dan lainnya.

Komite aksi politik Airbnb mendonasikan 866.519 AS kepada kandidat dan partai politik dalam siklus pemilu 2020, demikian menurut Open Secrets, yang memantau donasi dana kampanye. Presiden AS terpilih dari Partai Demokrat, Joe Biden, adalah penerima sumbangan terbesar dari Airbnb. Sementara itu, serikat pekerja hotel, yang mewakili 7.200 pekerja hotel di wilayah Washington, menyerukan penutupan hotel di daerah tersebut untuk melindungi staf dan publik.

“Mengingat bahaya dan kelancaran situasi ini, cara terbaik untuk menjamin keselamatan pekerja hotel dan penduduk distrik adalah dengan menjauhkan kelompok-kelompok ini dari kota dan hotelnya,” kata John Boardman, sekretaris eksekutif-bendahara Unite Here Lokal 25. “Meski begitu, ancaman belum hilang, karena kami terus mendengar laporan bahwa milisi sayap kanan berencana untuk mengancam Washington di hari-hari mendatang.”

Sementara itu, Marriott International mengatakan bahwa hotel-hotel mereka di daerah Washington akan tetap buka sebelum dan saat pelantikan. Alasan penginapan, mereka memiliki banyak tamu resmi dan akhirnya tetap menegakkan reservasi tersebut. “Kami, tentu saja, mengutamakan keselamatan tamu dan rekan kami mengingat kejadian baru-baru ini. Kami memantau situasi dengan sangat cermat dan memiliki rencana operasional dan keamanan,” ujar perusahaan kepada Associated Press.

Loading...