Pasokan Menipis, Harga Ikan Cakalang per Kilo Naik Sejak Bulan Lalu

Harga Ikan Cakalang - bobo.grid.idHarga Ikan Cakalang - bobo.grid.id

termasuk yang cukup diminati di Indonesia. Ada beragam jenis yang untuk dikonsumsi, mulai dari kakap, tenggiri, tongkol, tuna, hingga cakalang. -ikan tersebut per kilo biasanya sangat dipengaruhi oleh pasokan dari para nelayan ke pasaran. Apabila pasokan sedang melimpah, biasanya harganya relatif terjangkau. Sebaliknya, jika pasokan terbatas, maka harganya pun akan melonjak.

Ikan cakalang misalnya, di ikan Arumbai kawasan Mardika, Ambon sejak bulan November 2018 lalu terpantau naik sekitar 14-29% dari yang sebelumnya Rp 70 ribu per ekor menjadi Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu per ekor. “Ikan Cakalang segar sejak beberapa hari belakangan ini tidak masuk ke dari desa-desa nelayan sehingga mempengaruhi harga jual kepada warga Kota Ambon,” ujar Jusuf penadah di ikan, seperti dilansir Antara.

Jusuf menambahkan, kalau ikan cakalang yang biasanya seharga Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu dengan harga hingga Rp 60 ribu tersebut memang sudah tak dapat ditawar lagi. Pasalnya persediaan ikan cakalang sedang menipis.

Sementara itu, menurut informasi dari situs resmi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, harga ikan cakalang rata-rata di tingkat eceran per tanggal 21 Desember 2018 saat ini berkisar mulai Rp 21.235 hingga Rp 45.000 per kilogram (kg). Namun harga ikan cakalang per kg bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu mengikuti fluktuasi pasar dan juga harga yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Selama ini mungkin banyak yang bingung membedakan antara ikan cakalang dengan tongkol atau tuna, sebab ketiganya memiliki bentuk yang hampir mirip. Yang jelas, ikan cakalang mempunyai lebih terang dari tongkol. Ikan tongkol warnanya agak gelap dan bertubuh lebih langsing dengan punggung berwarna biru gelap metalik dan pola garis-garis yang unik. Oleh sebab itu beberapa orang menyebut ikan cakalang dengan nama ikan tongkol putih. Sedangkan ikan tuna ukurannya lebih besar, bisa mencapai 35-350 kg jika sudah berusia dewasa.

Tongkol lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Pulau Jawa dan Sumatera, cakalang menjadi favorit masyarakat daerah Sulawesi dan Maluku, sementara itu ikan tuna banyak dikonsumsi orang Jepang yang diolah menjadi sashimi.

Loading...