Pasokan Membaik, Harga Rumput Laut Cottoni Dibanderol Mulai Rp 10 Ribuan

Rumput Laut Cottoni - www.bukalapak.comRumput Laut Cottoni - www.bukalapak.com

Ada banyak jenis rumput laut yang dimanfaatkan sebagai pangan atau keperluan lainnya di , mulai dari jenis Eucheuma Cottonii, Gracilaria, Eucheuma Spinosum, hingga Sargassum. Rumput laut tersebut biasanya diperjual-belikan dalam kondisi kering atau basah dengan yang beragam.

Adapun harga rumput laut cottoni di saat ini berkisar mulai dari Rp 10 ribuan, sedangkan di Desa Pukuafu, Rote, Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) sekitar Rp 20 ribuan per kilogram (kg) kondisi kering. Sejak bulan Mei 2018 lalu harga rumput laut turun usai karagenan dan agar-agar lolos dari ancaman delisting dari pangan organik Amerika Serikat, bersamaan dengan pasokan yang membaik sejak awal tahun ini.

Beberapa bulan lalu berdasarkan data Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI), harga rumput laut kering jenis cottonii berkisar Rp 13 ribu per 1 kg, usai akhir tahun 2017 lalu mencapai Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu per kg. Bahkan kabarnya di Sulawesi harga rumput laut kering mencapai Rp 27 ribu lantaran curah hujan yang tinggi di beberapa sentra produksi, sehingga menghambat pengeringan dan distribusi.

Menurut Ketua Umum ARLI Safari Aziz, harga substitusi karaginan dan agar-agar turun setelah Departemen Pertanian AS (USDA) mengumumkan bahwa kedua turunan rumput laut tersebut tetap termasuk dalam daftar pangan organik sampai tahun 2023 mendatang. “Waktu delisting dilepas, saingannya banting harga,” ungkap Aziz, seperti dilansir Bisnis.

Bahan baku karaginan sendiri adalah cottonii dan kerap dipakai sebagai pengental untuk salad dressing, pengenyal sosis, pelembut es krim, dan penjernih bir. Jenis rumput lain seperti gracillaria yang menjadi bahan baku agar-agar juga mengalami penurunan. Manajer Pengembangan dan Kultivasi PT Agar Swallow Yanuarius Triyanto menuturkan, harga gracillaria berkisar Rp 5.000-8.500 per kg kering usai tahun lalu dibanderol hingga Rp 10.000-13.000 per kilo kering.

Lebih lanjut Yanuarius mengungkapkan, curah hujan yang rendah awal tahun ini telah membuat suplai rumput laut cenderung stabil walau kala itu belum masuk musim panen. Masa panen rumput laut biasanya terjadi mulai kuartal II sampai akhir tahun ketika musim kemarau.

Loading...