Pasca Hard Fork, Bitcoin Cash Mulai Naik & Diklaim Memproses Transaksi Lebih Cepat

bitcoin

Pasca terjadinya hard fork, baik Bitcoin maupun Bitcoin Cash telah berjalan relatif baik dan kedua rantai ini dilaporkan berhasil bertahan serta berkembang hingga saat ini. Bitcoin diperdagangkan 1,07% ke level 4.203,78 atau sekitar Rp 56 jutaan setelah dibuka di level 4.159,46 (Rp 55 jutaan) pada hari ini, Sabtu (19/8).

Sementara itu, Bitcoin, Bitcoin Cash telah melonjak pada Jumat (18/8) kemarin setelah muncul indikasi bahwa alternatif digital ini bisa mencapai tujuannya untuk mempercepat . Hal yang menarik dari Bitcoin Cash fork adalah bahwa pada dasarnya memiliki fitur tes A/B secara langsung di pasar untuk memberi data tentang manakah dari 2 solusi penskalaan (SegWit atau peningkatan ukuran blok) yang lebih praktis.

Bitcoin Cash naik 40% dari penutupan Kamis (17/8) di USD 460,53 atau sekitar Rp 6 jutaan dan kemudian sempat mencapai USD 655 (Rp 8,75 juta) pada Jumat sore, menurut data dari CoinMarketCap. Perolehan tersebut merupakan capaian tertinggi setelah Bitcoin Cash menyentuh USD 756,93 pada (2/8), sehari setelah Bitcoin dipecah menjadi Bitcoin dan Bitcoin Cash.

Namun lonjakan menjadi lebih besar lagi ketika mempertimbangkan pergerakan bitcoin cash yang sempat menginjak level terendah harian di USD 293 pada Kamis sebelum melonjak ke USD 460,53. Pada hari Rabu pagi para penambang bitcoin berhasil menunjukkan bahwa mata uang digital ini dapat mendukung blok 8 megabyte, dibandingkan versi 1 megabyte bitcoin yang asli. Blok adalah bagian dari blockchain mata uang digital seperti Bitcoin yang membatasi kecepatan transaksi.

“Blok delapan megabyte telah membuktikan bahwa bitcoin cash bekerja,” kata Charlie Hayter, CEO situs informasi mata uang digital, CryptoCompare, seperti dilansir CNBC. Lebih lanjut Hayter menuturkan jika kenaikan harga bitcoin cash membuatnya lebih menguntungkan dan mempermudah penambang untuk menambang bitcoin cash dibanding bitcoin. Para investor bitcoin mulai pemecahan skala per tanggal 1 Agustus 2017 lalu seharusnya telah menerima jumlah bitcoin yang sama.

Bitcoin yang asli diperdagangkan 2% lebih rendah pada Jumat sekitar USD 4.220 setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa di USD 4.522,13 pada Kamis. Pada Jumat kemarin, bitcoin memiliki pasar sekitar USD 70 miliar dan tetap 4 kali lebih tinggi untuk tahun ini.

Loading...