Pasar Nantikan Hasil Rapat BI, Rupiah Dibuka Menguat Tipis 1 Poin

Rupiah - republika.co.idRupiah - republika.co.id

Jakarta rupiah dibuka menguat tipis sebesar 1 poin atau 0,01 persen ke posisi Rp 13.775 per AS di awal pagi hari ini, Kamis (19/4). Sebelumnya, Rabu (18/4), Garuda berakhir terdepresiasi 10 poin atau 0,07 persen ke level Rp 13.776 per dolar AS setelah diperdagangkan pada kisaran angka Rp 13.753 hingga Rp 13.797 per USD.

Hingga kini nilai tukar rupiah cenderung stabil karena tak terlepas dari peran yang berupaya untuk menjaga stabilitas rupiah. Masuknya Indonesia dalam Bond Index juga diperkirakan akan menyumbang sentimen positif untuk menyokong gerak rupiah ke zona hijau.

Para pelaku kini juga tengah menantikan hasil rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia. Dalam RDG BI diprediksi bahwa Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuannya atau BI 7-day Reverse Repo Rate di angka 4,25 persen.

Ke depannya mata uang Garuda juga perlu mewaspadai dan mengantisipasi sentimen global terkait isu kenaikan suku bunga acuan (The Fed). Analis Monex Investindo Putu Agus Pransuamitra mengatakan jika sejak 2 pekan lalu gerak rupiah memang cenderung datar serta isu antara Amerika Serikat dan Suriah masih menjadi sentimen kuat yang cenderung melemahkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

“Di Suriah kemungkinan masih terjadi serangan, ini menyebabkan pergerakan rupiah melemah terhadap dollar AS,” ujar Putu, seperti dilansir Kontan. Terlebih karena isu perang dagang antara AS dan China hingga kini masih berkembang. Oleh sebab itu para cenderung lebih tertarik pada dolar AS ketimbang rupiah lantaran dinilai lebih aman dijadikan aset safe haven.

Dari dalam negeri, surplus neraca perdagangan dan peningkatan rating surat utang Indonesia dari Moody’s juga telah menyumbang sentimen positif untuk rupiah di pasar spot, sehingga pelemahan yang dialami rupiah pun tidak terlalu dalam. Pada perdagangan hari Kamis ini Putu memprediksi jika gerak rupiah akan berada di rentang yang sama namun berpotensi untuk menguat.

Loading...