Pasar Cenderung Tenang, Akankah Harga Bitcoin & Ethereum Rebound?

Harga bitcoin hari ini, Minggu (8/10), berdasarkan data dari CoinDesk terpantau turun tipis 0,05 persen menjadi USD 6.427,56 atau Rp 97,8 jutaan - bitcoinfuzz.com

Harga hari ini, Minggu (8/10), berdasarkan data dari CoinDesk terpantau turun tipis 0,05 persen menjadi 6.427,56 atau Rp 97,8 jutaan setelah dibuka pada posisi 6.431,09. Sepanjang hari ini telah bergerak pada kisaran angka USD 6.426,43 hingga USD 6.431,09 dengan pangsa sebesar USD 111 miliar.

Di sisi lain, gerak ethereum justru terlihat sejak kemarin. Hari ini, ethereum terpantau turun tipis 0,08 persen ke posisi USD 204,07 atau sekitar Rp 3,1 jutaan setelah dibuka pada posisi USD 204,24. Sepanjang hari ini, telah bergerak pada kisaran angka USD 203,76 hingga USD 204,65.

Volume perdagangan sendiri dilaporkan mencapai titik terendah baru untuk 2018 dan sedang dalam kembali ke tingkat November 2017. Volume merosot jadi USD 8,5 miliar pada (26/10) lalu, dan tetap pada tingkat yang sama hingga Sabtu kemarin. Menariknya, bitcoin dan mayoritas altcoin utama justru tetap stabil pada masa tersebut.

Walaupun pasar sedang tenang, sebenarnya perkembangan bitcoin pada dasarnya masih ada. Pemerintah Jepang baru-baru ini menyarankan bahwa industri kripto dapat mengatur dirinya sendiri. Sementara itu, pengadilan China baru-baru ini memutuskan bahwa tak ada yang ilegal terkait transaksi crypto, sepanjang mereka dilindungi oleh hukum.

Sedangkan perkembangan ethereum sedikit jauh dan sedikit dalam beberapa bulan terakhir ini. Sejak Ethereum Improvement Protocols (EIP’s) untuk hardfork Constantinople terbaru diputuskan pada bulan September 2018 lalu, masih belum ada kabar baru lainnya. Pada dasarnya ini menjadi permainan menunggu untuk para investor.

Menurut Rob Sluymer, pakar teknis Fundstrat, penurunan volatilitas dan volume perdagangan yang rendah pada dunia kripto belakangan ini justru bisa dilihat sebagai dorongan untuk perkembangan teknis. “Ada serangkaian divergensi positif antara banyak altcoin dan market yang lebih besar, seperti Bitcoin dan Ethereum yang sedang berkembang,” ujarnya, seperti dilansir Ethereumworldnews.

Seperti halnya analis lain, Sluymer mengklaim bahwa rendahnya volatilitas di bitcoin dan pasar aset kripto dapat mengindikasikan bahwa nilai-nilai cryptocurrency siap untuk cukup signifikan ketika momen tersebut berlangsung.

Loading...