Part Penting, Ini Harga Rel Pintu Sliding Daihatsu Espass

Seseorang yang membuka pitu mobilIlustrasi : Seseorang yang membuka pitu mobil

Untuk memudahkan operasional pintu sliding pada bermotor, dibutuhkan sebuah . ini menjadi tempat atau media untuk membuka atau menutup. Tanpa adanya , mustahil sliding door Anda akan berfungsi. Nah, jika kebetulan kendaraan Anda adalah Espass, rel untuk sliding door berada di kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu .

“Dari segi kepraktisan, pintu geser memang berada paling depan, karena memudahkan penumpang untuk keluar-masuk meski mobil diparkir di tempat yang sempit,” tulis Kompas. “Namun, bukan tidak ada kendala. Kurang mendapat perhatian bisa saja tiba-tiba buka-tutup pintu sliding terasa seret. Penyebabnya bisa berasal di rel pintu akibat tumpukan debu.”

Sebenarnya, jika terjadi kemacetan pada rel pintu sliding, tidak sulit untuk mengatasinya. Pemilik kendaraan cukup menjaga kondisi jalur rel selalu dalam keadaan bersih. Untuk menyingkirkan tumpukan debu dan kotoran pun tidak sulit dan murah. Namun, untuk membersihkan rel ini, dianjurkan jangan menggunakan detergen atau sabun colek, melainkan dengan bensin atau solar sebab bisa bersenyawa dengan gemuk atau pelumas.

Untuk membersihkan rel ini, langkah yang bisa dilakukan adalah memarkir kendaraan di tempat yang teduh, bersih dari kepulan debu dan pastikan tiupan angin sangat kecil. Setelah itu, buka pintu geser sampai tarikan maksimum, bersihkan rel bagian atas dengan kuas, dan lanjutkan pada bagian bawah serta bagian tengah yang merupakan rel inti. Lalu, gunakan cairan bensin atau solar dan lap semua jalur rel sampai kering.

“Beri lintasan rel dengan grease yang baru, usahakan menggunakan yang berkualitas agar awet,” sambung Kompas. “Setelah itu, gerakkan pintu (buka dan tutup) berulang-ulang agar gemuk merata, yang tandanya sudah ringan ketika ditarik. Kemudian, bersihkan sisa-sisa gemuk yang menempel bukan pada tempatnya.”

Jika kebetulan rel sliding door kendaraan Daihatsu Espass Anda sudah rusak, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah membeli yang baru. Di pasaran saat ini, rel sliding door Daihatsu Espass ditawarkan di kisaran harga Rp30 ribuan per meter, namun barangnya tergolong sulit. Jika membeli satu set lengkap, harganya berkisar Rp600 ribuan.

Loading...