Panen Jadi Lebih Cepat, Harga Mesin Potong Padi Gendong Berkisar Jutaan Rupiah

Mesin Potong Padi Gendong - www.mesinpadi.comMesin Potong Padi Gendong - www.mesinpadi.com

Dulu mungkin masih mengandalkan sabit atau seadanya saat hendak memanen padi di sawahnya. Namun kini berkat kemajuan dan , para mulai banyak yang memanfaatkan peralatan canggih seperti potong padi. pemotong padi yang modern ada beragam jenisnya, ada yang model gendong seperti pemotong rumput atau bahkan yang berbentuk mirip mobil untuk memanen padi dalam sangat besar.

mesin potong padi gendong sendiri bervariasi, tergantung dan yang diusung. Adapun mesin pemotong padi merek Yasuka YSK-328RH dengan harga Rp 1,39 jutaan saja. Kemudian mesin potong padi 3 in 1 SAAM lengkap dengan potong rumput dan penyaing gulma harganya mencapai Rp 4,1 jutaan. Lalu merek Shiraku SHR328 harganya Rp 1,5 jutaan, merk Tasco seharga Rp 1,79 jutaan per unit.

Alat panen padi yang modern memang dinilai lebih cepat dibandingkan alat panen tradisional. Tetapi alat panen modern ternyata masih saja memiliki kekurangan menurut beberapa petani di Bojonegoro. “Biji padinya biasanya banyak yang jatuh. Jadi masih ada kekurangannya,” ujar seorang warga bernama Muhartono di Desa Growok, Kecamatan Dander, Bojonegoro, seperti dilansir BlokBojonegoro.

Selain bijinya mudah jatuh ke tanah saat proses panen, batang padi juga tak dapat dimanfaatkan secara maksimal. “Ya biasanya kalau memanen padi dengan cara tradisonal batang padinya masih bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak (sapi) yaitu dengan cara diawetkan (keringkan) Kalau ini kan batangnya jadi lembut,” jelas Muhartono.

Sebagai informasi, di Bojonegoro saat ini sudah menggunakan mesin panen padi yang dapat dioperasikan seperti alat berat dengan satu sopir dan kenek yang bertugas untuk mengumpulkan padi ke dalam karung. Menggunakan alat yang sudah modern seperti itu padi tidak perlu dipotong terlebih dahulu, tetapi dapat langsung dimasukkan ke dalam mesin dan bulir padi pun siap untuk diangkut.

“Panen menggunakan alat moderen tersebut lebih cepat,” papar Muhartono. Ia mengungkapkan jika untuk memanen padi dengan mesin semacam itu ternyata tak butuh waktu terlalu lama. “Ini tadi sekitar 30 menitan sudah selesai. 30 menit itu sudah bisa memanen padi beberapa petak,” tandasnya.

Loading...