Pamor EDM Melonjak, Harga Alat Musik DJ Relatif Mahal

Harga Alat Musik DJ

Scene electronic dance music (EDM) saat ini memang berkembang begitu pesat, tidak hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia. Hal ini pun lantas membuat banyak masyarakat, terutama kaum muda, berniat menggeluti profesi sebagai DJ atau Disc Jockey. Saat ini pun, sudah banyak DJ yang dengan mulai jutaan hingga puluhan juta guna memfasilitasi keinginan masyarakat yang ingin berkecimpung di jalur tersebut.

“Profesi sebagai female DJ baru-baru ini sih, kurang lebih tiga bulan yang lalu sudah mulai belajar,” kata Ayu Wulandari, seorang female DJ yang masih tergolong muda. “Alasan saya menggeluti profesi ini karena saya memang suka dan cinta dengan musik, jadi saya memilih untuk belajar. Selain itu, sejak dulu saya sudah bercita-cita jadi DJ dan baru kesampaian sekarang.”

Perempuan yang baru berusia 22 tahun itu menambahkan bahwa awalnya, ia belajar DJ dari seorang teman. Temannya tersebut lalu mengenalkan dirinya dengan salah satu DJ terkenal di Bali yang bernama Paul Rank. Ia pun butuh waktu kurang lebih satu bulan untuk bisa menguasai teknik bermain turntable. “Yang penting mengerti ketukan bar-nya, mengerti fungsi alat, dan harus baik ketika mendengarkan lagu,” sambung Cece, panggilan akrabnya.

Pamor female DJ sendiri saat ini memang makin meroket dibandingkan DJ laki-laki. Meski dari segi skill, female DJ bisa dikatakan kalah dari DJ laki-laki, namun lebih memilih DJ perempuan. Pasalnya, female DJ memiliki daya tarik lebih di kalangan party people, sehingga tawaran manggung yang diterima DJ-DJ ini pun tidak sedikit.

Jika Anda ingin menggeluti profesi sebagai DJ, maka salah satu kebutuhan yang harus Anda miliki adalah alat musik DJ. Saat ini, sudah banyak toko musik atau situs jual beli online yang menyediakan alat musik ini. Denon misalnya, saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp7.850.000 untuk tipe DN-S700, dan Rp9.000.000 untuk tipe DNS-1200.

Merek lainnya, seperti Numark NS7II 4 channel DJ, saat ini dijual dengan harga mulai Rp16.500.000 dan Allen & Heath Xone 92 Fader DJ Mixer ditawarkan dengan harga mulai Rp23.000.000. Sementara, merek Pioneer DDJ-RB 2 Deck dipasarkan dengan harga sekitar Rp4,4 jutaan dan Pioneer CDJ-2000 NXS dijual di kisaran harga Rp39 jutaan.

Loading...