Ingin Punya Plat Nomor Cantik? Segini Pajak Tahunan yang Harus Anda Bayar

Plat Nomor Cantik - cintamobil.comPlat Nomor Cantik - cintamobil.com

Sejak beberapa tahun lalu kepolisian menarik yang cukup mahal untuk menggunakan cantik. terkait plat nomor cantik itu telah diatur dalam PP No. 60 Tahun 2016 Tentang Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB). Pajak tahunan plat nomor cantik pun cukup mahal, berkisar antara Rp5 juta hingga Rp20 juta.

“Jadi setelah beli , plat nomor bawaannya diganti dengan yang plat nomor cantik atau pilihan ini. Tentunya ada yang harus diurus dulu di Samsat masing-masing daerah,” kata Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji, seperti dilansir Kompas.

Adapun atau biaya resmi untuk penggantian pelat nomor cantik (NRKB) 1 angka dan tidak ada huruf di belakang adalah Rp20 juta, tetapi jika ada huruf di belakang dikenai Rp15 juta. Kemudian untuk NRKB 2 angka tanpa huruf di belakang Rp15 juta dan ada huruf di belakang Rp10 juta. NRKB 3 angka tidak ada huruf di belakang Rp10 juta, ada huruf di belakang Rp7,5 juta. Serta untuk NRKB 4 angka tanpa huruf di belakang Rp7,5 juta, jika ada huruf di belakang tarifnya Rp5 juta.

Dalam aturan itu juga dijelaskan bahwa masa berlaku plat nomor pilihan untuk kendaraan hanya 5 tahun. Dengan demikian, apabila sang pemilik masih ingin menggunakan plat nomor cantik itu, maka diwajibkan untuk membayar ulang biaya perpanjangan atau pajak tahunan sesuai dengan ketentuan dalam PP 60 Tahun 2016.

“Setelah lima tahun, jika ingin memperpanjang lagi, pemohon akan kembali mengisi formulir ulang. Jadi intinya, di luar pajak dan biaya administrasi lainnya, NRKB pilihan punya biaya tersendiri,” ungkapnya

Perlu diingat bahwa NRKB pilihan berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang 5 tahun lagi, tetapi pada kode yang sama. Selain itu, NRKB pilihan tidak berlaku jika pemilik kendaraan bermotor dipindahtangankan pada pihak lain atau mutasi ke luar . NRKB pilihan juga tetap berlaku bila pemilik kendaraan bermotor melakukan ubahan , , dan dalam kode wilayah yang sama.

Masa berlaku NRKB pilihan tercantum dalam surat keterangan NRKB pilihan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Ta/Tabes. Perpanjang NRKB pilihan dapat dilakukan bersama dengan perpanjangan STNK dan jatuh tempo masa berlaku disamakan dengan masa berlaku STNK. Apabila kendaraan bermotor dipindahtangankan sebelum masa berlaku NRKB Pilihan habis, maka sisa masa berlaku akan habis, dan untuk penerbitan STNK yang baru dengan penerbitan NRKB Pilihan yang baru selama lima tahun.

Loading...