Opsi Tempat Simpan ASI, Harga Deep Freezer Masih Jutaan Rupiah

Deep Freezer - istrinyasuamiku.wordpress.com

Sebenarnya, ASI sejatinya diminumkan langsung dari payudara ke . Namun, jika tidak dapat dilakukan, ASI bisa dipompa lalu disimpan dalam wadah steril pada jangka waktu tertentu. Ada beberapa tempat yang bisa menjadi penyimpanan ASI, salah satunya deep freezer, yang saat ini ditawarkan dengan yang memang cukup menguras kantong.

Di salah satu situs jual , ada yang menawarkan deep freezer merek Sanyo dengan harga mulai Rp2,6 jutaan untuk 4 rak, Rp2,8 jutaan untuk 5 rak, sampai Rp2,9 jutaan untuk 6 rak. Sementara, deep freezer merek Aqua sekarang dipasarkan dengan harga sekitar Rp2,5 jutaan untuk model 4 rak. Jika Anda berburu bekas, harganya masih Rp1 jutaan sampai Rp1,8 jutaan, tergantung merek dan kondisi barang.

Namun, sebelum memutuskan menyimpan ASI ke dalam deep freezer, American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar ASI perah disimpan terlebih dahulu di kulkas bagian bawah. Selain itu, bila akan diberikan kepada bayi dalam tempo waktu 72 jam, sebaiknya ASI perah juga disimpan di kulkas di bagian bawah.

ASI yang disimpan di freezer dengan pintu terpisah dari kulkas bagian bawah, diklaim mampu bertahan enam hingga sembilan bulan. Sementara, jika Anda menyimpan ASI di deep freezer, ASI perah bisa bertahan dengan durasi hingga satu tahun. “Jika punya pasokan ASI dalam jumlah besar, freezer menjadi tempat terbaik untuk menyimpan ASI,” tutur perawat dan pendiri Health in Check, Abigail Morakinyo.

“ASI yang dipompa sebaiknya ditaruh (diletakkan) dalam botol atau wadah yang steril,” sambung Abigail. “Disarankan agar masing-masing wadah atau botol diberi label atau tanggal pompa sehingga ibu dengan mudah mengambil ASI dengan tanggal pompa paling awal. Sebelum memberikannya pada bayi, ASI dihangatkan terlebih dahulu dengan merendam botol pada air hangat.”

Loading...