Minim Bujet? Ini Opsi Joran Harga Rp50 Ribuan

Harga Joran Pancing - (Youtube: BlacktipH)Harga Joran Pancing - (Youtube: BlacktipH)

JAKARTA – Joran menjadi salah satu yang wajib dimiliki ketika hendak memancing, baik di sungai, danau, atau laut. Di sendiri, sudah tersedia beragam merk joran yang bisa Anda pilih, seperti Shimano, Maguro, Kenzi, Exori, hingga Relix. Namun, bagi mereka yang punya bujet terbatas, bisa memilih joran sambung yang dengan Rp50 ribuan, bahkan ada yang di bawahnya.

Tidak sulit menemukan joran pancing dengan banderol Rp50 ribuan. Di beberapa jual beli online dalam negeri maupun mancanegara, sudah banyak toko yang menawarkan joran murah. Joran Tornado Edition misalnya, dijual dengan harga Rp55 ribu, sedangkan joran sambung Katana 135 cm punya harga Rp50 ribuan. Untuk model yang di bawahnya, ada joran Hofman dengan harga Rp48 ribuan, joran Atlantic Alpin dengan harga Rp41 ribuan, hingga joran Tegek dengan banderol Rp30 ribuan.

Selain dari sisi harga, memilih joran pancing juga harus menyesuaikan sasaran dan memancing. Joran untuk jigging pasti tidak sama dengan joran untuk fly fishing. Demikian juga memancing di air laut, tidak sama dengan memancing di tambak atau kolam air tawar. “Anda tidak boleh sembarang dalam memilih joran pancing, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti joran patah,” tulis Covesia.com.

“Carilah jenis joran batangan jika memancing ada di sungai-sungai dangkal, kolam pancing, maupun di tepi-tepi danau, untuk memudahkan Anda dalam meng-handle joran pancing,” sambung Covesia.com. “Memang, tidak ada aturan untuk menggunakan jenis joran ini di tempat-tempat tersebut. Namun, banyak pemancing yang enjoy menggunakan jenis joran ini.”

Perlu juga mengetahui atau pembuat joran karena dapat memengaruhi kenyamanan Anda selama memancing. Saat ini, yang sering dipakai untuk membuat joran antara lain carbon yang ringan dan kurang lentur, mix carbon dan fiberglass yang lebih kuat daripada carbon, serta high carbon composite yang ringan namun mantap.

Loading...