Apakah Operasi Lasik Mata Dapat Ditanggung dengan BPJS?

Ilustrasi : Operasi Lasik Mata - okezone.com

lasik (-assisted in situ keratomileusis) mata merupakan tindakan bedah untuk mengobati beberapa gangguan penglihatan, seperti miopia (rabun jauh), hiperopia (rabun dekat), dan astigmatisme (silinder). Saat ini sudah banyak atau mata di Indonesia yang bisa melayani lasik dengan berbagai metode dengan berkisar antara belasan juta hingga puluhan . Namun, apakah operasi lasik termasuk yang ditanggung oleh ?

Sayangnya, lasik tidak termasuk operasi mata yang esensial oleh pasien, melainkan hanya bersifat kosmetis. Oleh sebab itu tindakan lasik sampai tulisan ini dibuat masih belum ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Namun demikian, BPJS Kesehatan masih bersedia menanggung sepenuhnya biaya operasi katarak atau menanggung biaya untuk alat bantu penglihatan seperti kacamata.

Operasi lasik mata dengan BPJS masih memungkinkan apabila ada lain yang terpenuhi. Misalnya saja ablasio retina, yakni kondisi darurat yang terjadi ketika retina terlepas dari epitel karena kecelakaan atau faktor usia. “Operasi ablasio retina termasuk jenis tindakan operasi darurat yang harus segera dilakukan, karena penyakit tersebut berisiko untuk membuat pasien mengalami kebutaan. Untuk operasi semacam ini, BPJS akan menanggung biayanya,” demikian seperti dilansir dari Sehatq.

Selain itu, penanganan penyakit atau tindakan apapun dengan BPJS wajib dilakukan sesuai dengan rujukan. Prosesnya meliputi rangkaian pemeriksaan dari kesehatan tingkat pertama dan seterusnya. Seperti diketahui, biaya operasi lasik mata memang cukup mahal.

Sebagai gambaran, di Cicendo Eye Hospital biaya lasik berkisar mulai Rp13.250.000, metode V-lasik/femtolasik tarifnya Rp19.250.000, dan SMILE bisa mencapai Rp26.500.000. Kemudian di Ciputra SMG Eye Clinic biaya operasi lasik mata dengan metode FemtoLASIK dipatok Rp14 juta per mata dan untuk metode ReLEx SMILE biayanya Rp19 juta per mata. Lain lagi dengan di JEC-Java @ Surabaya, biaya lasik metode ReLEx SMILE sedang promo jadi Rp26 juta per 2 mata dan metode V-Lasik biayanya Rp21 juta per 2 mata. Promo diskon di JEC tersebut berlaku hanya sampai bulan Januari 2021 saja.

Loading...