Ongkos Variatif, Pembuatan Perhiasan Emas Tergantung Tingkat Kesulitannya

Perhiasan Emas - www.antwerproswell.comPerhiasan Emas - www.antwerproswell.com

Investasi emas hingga kini masih dianggap begitu menguntungkan, entah itu dalam wujud emas batangan maupun emas . emas per gram yang terus naik membuat tertarik untuk memiliki logam mulia. Dibandingkan emas batang, beberapa orang lebih senang membeli perhiasan emas. Selain bisa dijadikan dana cadangan, emas perhiasan juga bisa digunakan sebagai aksesoris sehari-hari. Sayangnya, saat membeli perhiasan emas biasanya akan dikenai ongkos pembuatan, sehingga harga yang harus ia bayarkan pun menjadi lebih mahal dari yang semestinya.

Menurut Jelita Setifa, General Manager The Palace Jeweler, banyak konsumen yang kini menyadari bahwa saat membeli perhiasan, maka secara tidak langsung mereka sudah melakukan investasi gaya hidup atau lifestyle investment. “Artinya dibandingkan dengan elemen pendukung gaya hidup lainnya, seperti baju, sepatu atau tas, perhiasan lebih memiliki nilai investasi. Hal ini karena ketika akan kita jual kembali, emas masih bisa dihargai atau masih mempunyai nilai jual kembali,” kata Jelita, seperti dilansir Bisnis.

Walaupun punya beragam kelebihan, investasi dalam bentuk perhiasan emas tetap mempunyai kekurangan, yakni besarnya biaya potongan dari ongkos pembuatan. Demikian pula dengan selisih antara harga jual dengan harga beli. “Kalau emas batangan memang memiliki selisih harga jual dan harga beli yang lebih kecil, tetapi tidak bisa dipakai atau dinikmati terlebih dahulu seperti perhiasan. Biasanya ini hanya disimpan di safe deposit box,” bebernya.

Sementara itu, CEO Finansialku Melvin Mumpuni justru berpendapat jika perhiasan tak bisa dijadikan investasi. “Menurut saya, perhiasan emas itu bukan bagian dari investasi tetapi lebih tepat disebut sebagai dana darurat, karena kalau kita butuh dana cepat bisa dan harganya tidak merosot jauh,” tuturnya.

Di Cikini Gold Center, Menteng, Jakarta Pusat misalnya, beberapa toko sudah ada yang membanderol perhiasan emas sudah termasuk dengan pembuatan emasnya. Namun ada juga beberapa toko emas yang belum memasukkan ongkos pembuatan tersebut pada harga jual perhiasan emas.

Ongkos pembuatan emas di Cikini Gold Center rata-rata sekitar Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per gram atau tergantung tingkat kesulitan pembuatannya. “Di sini jual emas belum termasuk biaya pembuatan. Biasanya nambah rata-rata Rp60 ribu per gram sampai Rp70 ribu per gram,” ungkap salah seorang emas bernama Lisa.

Loading...