Ongkir Bandung ke Malang Rp 22 Ribu, TIKI Tawarkan Layanan Bayar di Tempat

Layanan TIKI - belitung.tribunnews.comLayanan TIKI - belitung.tribunnews.com

Hingga tahun 2018 ini, PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) masih menjadi salah satu yang dipercaya oleh masyarakat di seluruh Indonesia. TIKI memiliki beberapa pengiriman, mulai dari Reguler, ECO (ekonomis), hingga kilat atau ONS (Over Night Service). Pengiriman TIKI telah menjangkau berbagai daerah, mulai dari kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Malang, Jakarta, hingga ke kota-kota kecil sekalipun.

Ongkir (ongkos kirim) TIKI dari Bandung ke Malang untuk layanan Reguler (REG) dipatok Rp 22 ribu per 1 kg, kemudian layanan ECO Rp 17 ribu per kilo, dan ONS tarif pengirimannya Rp 30 ribu per kilogram. Sementara itu, jika dari Malang ke Bandung untuk layanan REG dipatok Rp 18 ribu, ECO Rp 14 ribu, dan ONS Rp 22 ribu per kg.

Selain berusaha menetapkan tarif yang cukup bersaing dengan perusahaan lainnya, TIKI sejak tahun 2017 lalu juga menyediakan inovasi layanan bayar di tempat atau cash on delivery (COD) untuk meningkatkan transaksi layanan e-commerce di Indonesia. “Ini adalah inisiatif kami sebagai pionir untuk mendukung perusahaan online. Kami melayani COD di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Pelaksana TIKI Tomy Sofhian di Jakarta, seperti dilansir Tempo.

Lebih lanjut Tomy memaparkan, layanan COD dapat dinikmati oleh perusahaan (corporate) yang telah mempunyai corporate account dengan TIKI. Perusahaan atau pedagang online yang hendak melakukan transaksi dapat memakai layanan COD dengan maksimal Rp 3 juta. Dengan adanya layanan COD diharapkan bisa menawarkan kemudahan untuk penjual dan pembeli yang bertransaksi secara online. “Dalam skala nasional, baru TIKI yang memiliki layanan COD di seluruh Indonesia ini,” beber Tomy.

Direktur Komersial TIKI Rocky Nagoya menambahkan, dengan layanan COD pembeli bisa mengetahui kualitas barang terlebih dahulu sebelum membayar. Apabila tidak puas, pembeli bisa mengembalikan barang langsung lewat petugas TIKI. “Layanan COD ini tidak hanya menjangkau kota-kota besar. COD TIKI mencakup keseluruhan jangkauan area TIKI di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Teknis pelaksanaannya, TIKI akan menyampaikan terlebih dahulu biaya yang akan dikenakan ketika pemesanan. Sehari sebelum pengiriman, pembeli pun akan diberi notifikasi biaya yang harus dibayarkan, sehingga bisa segera menyiapkan dana. Nantinya serah-terima uang dan barang dilakukan di tempat pembeli. “Ini untuk menjawab permintaan e-commerce karena banyak pelanggannya yang memilih metode COD,” ujarnya.

Loading...