Oleh-Oleh Khas Wonosobo, Berapa Harga Manisan Carica Sumbing?

Oleh-Oleh Khas Wonosobo Harga Manisan Carica Sumbing

DIENG – Tidak lengkap rasanya jika sudah berkunjung ke suatu daerah, tidak membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah. Nah, jika Anda hendak merencanakan ke dataran tinggi Dieng, Carica Sumbing menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib Anda beli. Ditawarkan dengan mulai Rp12 ribuan sampai Rp65 ribuan, ini adalah manisan khas Wonosobo yang memiliki rasa gurih, kenyal, dan sedikit asam.

Menurut situs Kompas, carica sendiri merupakan buah yang masih saudara dengan pepaya. Pohonnya pun mirip dengan pepaya, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. “Makanan khas Wonosobo memang enak-enak, dari mulai keripik hingga berbagai camilan dari kentang sampai manisan carica yang paling terkenal,” tulis situs tersebut.

Carica biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.500 sampai 3.000 meter dari permukaan . Untuk buah yang tumbuh di Dieng ini, konon katanya telah ditemukan ketika zaman penjajahan Belanda. Selain di Dieng, juga bisa menemukan buah ini di daerah Bali, namun dengan rasa yang berbeda, dan setempat menamai buah tersebut degan sebutan gedang memedi.

“Carica Sumbing merupakan olahan buah carica khas Dieng yang menjadi oleh-oleh khas Wonosobo,” tulis Carica.co.id. “ ini diolah dengan resep yang mengutamakan kebersihan, keamanan pangan, dan pengolahan yang baik, sehingga menghasilkan carica khas Dieng yang berbeda dan aman untuk dikonsumsi.

Saat ini, oleh-oleh carica Sumbing sudah tersedia dalam berbagai kemasan. Untuk kemasan 1 dus isi 4 (cup 120 gram), sekarang dijual dengan harga Rp12.000 per dus. Sementara, kemasan 1 dus isi 6 (cup 120 gram) dijual mulai Rp18 ribuan, kemasan 1 dus isi 12 (cup 120 gram) dipasarkan Rp36 ribuan, kemasan 1 dus isi 6 (cup 220 gram) dijual Rp28 ribuan, kemasan 1 dus isi 12 (cup 220 gram) dijual Rp56 ribuan, dan kemasan 1 dus isi 6 (gelas 350 gram) Rp65 ribuan. Harga tersebut berlaku untuk pembelian lebih dari 20 dus.

Loading...