Ogah Repot? Ini Kisaran Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah di Notaris

Sertifikat Tanah - chirpstory.comSertifikat Tanah - chirpstory.com

Mengurus balik nama memang tergolong rumit, apalagi jika mengurus sendiri ke Badan Pertanahan Nasional. Selain rumit, terkadang sertifikat tanah pun bisa memakan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu beberapa orang biasanya mengandalkan notaris PPAT untuk menguruskan balik nama sertifikat tanah. Akan tetapi berapa kira-kira yang dibutuhkan untuk balik nama sertifikat tanah di notaris?

Biaya pengurusan balik nama sertifikat tanah atau rumah sangat bergantung pada luas tanah, di mana tanah itu berada, dan NJOP-nya. Apabila proses balik nama dilakukan melalui jasa notaris, perhitungan biayanya berkisar antara 0,5% hingga 1% dari total nilai . Harga tersebut sudah termasuk pembuatan Akta Beli (AJB), balik nama, dan jasa notaris. Lama proses pembuatan sertifikat tanah tersebut bisa mencapai 30 hari.

“Pertama, harus lengkap dulu berkas-berkasnya. Kalau belum lengkap, kita belum bisa urus permintaan sertifikat tanahnya,” kata staf Kantor BPN Kota Tangerang Selatan Bidang Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah yang enggan disebutkan namanya, seperti dilansir Kompas.

Berkas-berkas yang dimaksud antara lain formulir permohonan (bisa dibeli di loket seharga Rp 30 ribu), salinan identitas, surat kuasa apabila dikuasakan, salinan SPPT PBB tahun berjalan yang telah dicocokkan dengan aslinya oleh petugas loket, dan penyerahan bukti SSB (BPHTB), dan lampiran bukti SSP/PPh.

Adapun untuk pengurusan balik nama sertifikat tanah di notaris akan dikenakan beberapa komponen biaya yang terdiri dari biaya cek sertifikat berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribuan, biaya SK 59 sekitar Rp 1 juta, biaya validasi pajak sekitar Rp 200 ribuan, biaya pembuatan sertifikat tanah dari AJB sekitar Rp 2,4 jutaan, biaya BBN (Bea Balik Nama) sekitar Rp 750 ribuan, biaya SKHMT (Surat Kuasa Hak Memberikan Hak Tanggungan) sekitar Rp 1,2 jutaan, dan biaya APHT (Akta Pemberian Hak Tanggungan) sekitar Rp 1,2 jutaan. Jika ditotal, biaya balik nama sertifikat tanah di notaris kurang lebih Rp 5 jutaan.

Menurut staf BPN Tangsel, waktu pemrosesan sertifikat tanah ini bisa bervariasi, antara 38 hari hingga 97 hari untuk sertifikat tanah pertama kali dan untuk sertifikat peralihan membutuhkan waktu 5-15 hari. “Misalnya gini, untuk tanah warisan kan nanti ada surat keterangan wasiat dan akta wasiat dari notaris, nah itu yang perlu dibawa untuk mengurus sertifikatnya. Jadi, biayanya juga beda,” tandasnya.

Loading...