Obat Luka dan Pereda Nyeri Haid, Harga Umbi Rumput Teki Mulai Rp17 Ribuan

Umbi Rumput Teki

Umbi rumput teki, yang sering di berbagai tempat ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi . Tanaman ini diketahui dapat meringankan berbagai macam , seperti haid, dan bahkan sebagai inovasi plester luka sayat. Saat ini pun, sudah banyak toko herbal yang menjual umbi rumput teki dalam bentuk serbuk atau kapsul dengan harga mulai puluhan ribu .

Pada tahun 2016 lalu, tiga siswa SMK Citra Medika di Sragen, Jawa Tengah berhasil menyulap umbi rumput teki menjadi permen yang bisa meredakan nyeri haid. Cukup dengan mengonsumsi satu permen kecil umbi rumput teki, nyeri haid yang sering dirasakan banyak perempuan bisa mereda. Di samping itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan sakit dada.

“Setiap 20 ml olahan umbi rumput teki, biasanya bisa menghasilkan 10 permen dengan rasa yang juga bisa divariasi sendiri,” jelas Natasha Salsabella, salah satu siswa tersebut. “Dari hasil riset kami, umbi rumput teki bisa mengurangi nyeri haid karena mengandung beberapa zat, seperti glikosida dan flavonoid.”

Dengan wujud permen, sambung Natasha, akan memudahkan orang untuk mengonsumsi dan reaksinya cukup cepat. Jika dijual di pasaran pun, harganya tidak mahal, hanya Rp500 per butir. “Kami berharap hasil temuan kami ini bisa dijual bebas untuk memudahkan perempuan yang mengalami haid agar tidak terganggu nyeri,” imbuh Natasha.

Sementara itu, seorang siswa SMPN 1 Yogyakarta bernama Laksita Kira, pada tahun 2016 lalu juga menemukan manfaat lain dari umbi rumput teki yang bisa digunakan sebagai plester obat luka sayat. Dalam studinya pada kelinci atau mencit yang mengalami luka sayat, akan lebih cepat sembuh dan beraktivitas setelah diberi ekstrak umbi rumput teki.

“Ekstrak umbi rumput teki ini tidak menimbulkan rasa perih, berbeda dengan obat luka yang selama ini beredar di masyarakat,” kata Laksita. “Jadi, obat tersebut tidak bakal mengganggu aktivitas, terutama pada -anak yang cenderung tidak betah dengan rasa nyeri.”

Saat ini, sudah banyak toko obat herbal yang menjual umbi rumput teki, baik dalam bentuk serbuk maupun kering. Untuk bentuk serbuk kemasan 1 kilogram, ditawarkan dengan harga mulai Rp50 ribuan, sedangkan kemasan 500 gram dijual mulai Rp30 ribuan. Sementara, umbi rumput teki dalam bentuk kering ukuran 1 kilogram dipasarkan mulai Rp40 ribuan, dan kemasan 500 gram dijual Rp25 ribuan.

Loading...