‘Nyetem Gitar’ Jadi Lebih Mudah, Harga Alat Stem Otomatis Mulai Rp50 Ribuan

Harga, alat, stem, gitar, otomatis, manual, aplikasi, Guitar Tuna, fitur, smartphone, android, ios, windows phone, pemain, musik, pemula, tuning, tuner, nada, fals, sistem, operasi, jenis, kunci, susunan, fret, tuner ET-37, tronical, di, pasaran, senar, tombol, teknologi, bujet, nyetem, tangga nadaMenyesuaikan nada senar gitar dengan alat stem gitar otomatis (sumber: ebay.com)

Untuk pemula yang baru belajar musik biasanya sedikit kesulitan dalam mengenali nada . Terutama jika nada pada belum distem, maka suaranya akan terdengar fals. Untuk itu, Anda perlu menyetel nada , atau istilah populernya disebut ‘nyetem ’.

Gitar dapat menghasilkan suara yang indah dikarenakan terdiri atas kombinasi 6 nada yang berbeda, antara nada 1 dan nada lainnya harus tepat sesuai dengan posisinya masing-masing. Jika tidak, maka gitar hanya akan menghasilkan suara yang tidak karuan. Karena itulah, stem atau gitar diperlukan agar semua tangga nada yang disyaratkan bisa selaras satu sama lain.

Ada beberapa alat stem atau tuner yang bisa dimanfaatkan oleh pemain gitar, mulai dari alat stem manual, otomatis, hingga memanfaatkan sejumlah fitur dan yang tersedia di smartphone. Namun, untuk berbagai alasan pemain gitar lebih memilih untuk menggunakan tuner otomatis.

Dengan menggunakan alat stem otomatis, pemain gitar hanya perlu memencet tombol dan tuner secara otomatis akan menyelaraskan dengan nada. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Tronical.

Tronical sudah diproduksi sejak 2014 silam dan sudah cukup banyak musisi yang menggunakannya. Chris Adam, sosok di balik terciptanya teknologi ini. Ide pembuatan dari Tronical berawal dari teknologi Les Paul Robot Guitar milik Gibson yang dikeluarkan pada 2007. Tapi Chris Adam berusaha meningkatkan kemampuan teknologi yang sudah ada dan merilis Tronical.

Tidak butuh waktu lama. Uli Jon Roth, Steve Vai, Billy Corgan, dan tokoh-tokoh lainnya langsung menggunakan sistem ini dan semuanya memberikan pujian dan merasa puas dengan kemampuannya.

Untuk memasang alat ini, Anda hanya perlu melepas tuner/dryer yang ada di headstock, kemudian install alat ini dan pasang lagi dryernya. Setelah itu, Anda hanya perlu memencet tombol untuk mengatur tuner dan memetik senar maka alat ini akan secara otomatis menyetem gitar Anda.

Tronical juga dilengkapi dengan tuner bank yang cukup banyak. Jadi Anda bisa bermain dengan segala macam alternate tunings hanya dengan memencet tombol saja. Untuk mendapatkan semua keunggulan Tronical tersebut, Anda perlu membelinya dengan harga kisaran Rp4,4 jutaan.

Jika Anda memiliki bujet minim, Anda bisa memilih untuk menggunakan alternatif produk stem gitar otomatis lainnya yang banyak hadir di pasaran. Salah satunya adalah Tuner ET-37 yang dengan harga jauh lebih terjangkau, yakni mulai Rp50 ribuan hingga Rp85 ribuan.

Atau jika Anda ingin memanfaatkan kemudahan lewat aplikasi yang ada di smartphone, Anda bisa memilih aplikasi bernama Guitar Tuna. “Aplikasi Guitar Tuna terbilang akurat dalam mengenali nada gitar yang dimainkan. Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan mengandalkan mikrofon dari smartphone milik Anda dan aplikasi Guitar Tuna akan mampu mengenali bunyi atau nada gitar yang Anda mainkan,” demikian dilansir Teksnologi.

Aplikasi Guitar Tuna juga menyediakan fitur bernama Guitar Chord Library, yang berguna untuk belajar mengenali kunci gitar. Setiap kunci gitar akan ditampilkan satu persatu dalam aplikasi ini disertai dengan gambar dari susunan fretnya. Guitar Tuna dapat Anda jalankan di smartphone dengan sistem operasi , iOS, dan Windows Phone.

Loading...