Naik 3 Hari Berturut-turut, Harga Emas 24 Karat Terbaru Rp 647 Ribu per Gram

Emas - www.marketwatch.comEmas - www.marketwatch.com

Sejak awal pekan ini, emas 24 karat ternyata terus . Berdasarkan terbaru hari ini, Rabu (14/2) pukul 07.39 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2018 di Commodity Exchange menguat 0,31 persen ke 1.334,60 per ons troi dibanding penutupan kemarin di level 1.330,40 per ons troi.

Sementara itu, di Pegadaian harga emas 24 karat batangan terbaru untuk cetakan di angka Rp 647 ribu per 1 gram, sedangkan emas batangan 24 karat cetakan UBS harganya terpaut sedikit lebih murah, yakni Rp 643 ribu . UBS juga mengeluarkan emas batangan dengan berat 0,5 gram seharga Rp 358 ribu. Kemudian untuk harga emas 24 karat perhiasan hari ini sekitar Rp 612.700 , emas 23 karat Rp 589.492 , dan 22 karat harganya dipatok Rp 566.283 .

Selama 3 hari perdagangan harga emas telah mengalami kenaikan 1,44 persen dibandingkan harga penutupan akhir pekan lalu. Harga emas memang biasanya berbanding terbalik dengan dolar AS. Apabila dolar AS sedang melemah, maka harga emas akan , demikian pula sebaliknya jika dolar AS menguat, harga emas akan turun.

“Harga emas menguat ketika minat risiko membaik, ini bisa terjadi karena dollar AS melemah. Kalau dollar tidak melemah, harga emas tidak akan naik dalam kondisi ini,” ujar Georgette Boele, analis ABN Amro, seperti dilansir Reuters.

Harga emas mengalami kenaikan selama 3 hari berturut-turut di tengah pasar saham yang juga terus mengalami penguatan. Sedangkan indeks dolar AS yang mengukur pergerakan dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama terpantau melemah dari akhir pekan lalu. Di sisi lain, momen Tahun Baru Imlek juga menyebabkan permintaan dan juga harga emas di Indonesia mengalami kenaikan.

Sejumlah masyarakat Tionghoa meyakini jika membeli emas saat Imlek bisa membawa keberuntungan. Selain itu logam mulia ini juga dinilai sebagai yang aman ketika tekanan harga menguat. Namun prospek kenaikan suku bunga seiring dengan inflasi berpotensi untuk menekan harga emas.

Loading...