Multifungsi, Impraboard Ukuran 5mm Dijual Mulai Harga Rp75 Ribuan

Karton plastik atau impraboard dalam beragam warna (sumber: Bukalapak)

Impraboard, sejenis berongga yang biasa digunakan untuk membuat maket, membuat packaging box, layer atau display sesuatu. Biasanya ketebalan impraboard berkisar antara 2mm, 3mm, 4mm, sampai dengan 5mm. Ukurannya bermacam-macam, yang umum terdapat di Gramedia biasanya berukuran 100cm x 75 cm yang dijual dengan Rp75 ribuan. Sementara untuk impraboard warna putih dan hitam 5 mm biasa dijual di toko online dengan Rp72.500.

Polypropylene corrugated sheet atau di Indonesia dikenal dengan nama dagang impraboard adalah plastik lembaran yang terlihat berupa dua lapis mendatar permukaan atas dan bawah dengan tulangan lurus, sering kita menamainya twinwall plastic. Sebenarnya ada tiga penamaan (generic name) untuk struktur seperti itu, yakni corrugated plastics board, fluted plastic board atau twinwall plastic board.

Impraboard terbuat dari polypropylene resin berkualitas tinggi dengan teknologi mesin ekstrusi terbaik. Dengan warna yang beragam dan menarik juga adanya variasi ketebalan, menjadikan dan pemanfaatan impraboard begitu luas. Sehingga tidak hanya menyentuh dunia advertising seperti untuk graphic art, signage, dan display promosi.

Namun juga banyak aplikasi yang tak terbayangkan sebelumnya. Seperti halnya konstruksi dan peternakan (kandang, mobile cage, kandang untuk hewan peliharaan/hobi), bahkan untuk konstruksi shelter sementara bencana alam, untuk kotak-kotak packaging, bahkan juga untuk hobby dan craft/. Pemanfaatan impraboard semakin luas seiring dengan terlintasnya ide-ide cemerlang dari orang-orang kreatif.

“Impraboard menjadi material dasar untuk membuat box pada kandang c&c cage untuk GP, sehingga biaya untuk kandang dapat ditekan dan ukuran kandang bisa lebih besar,” dilansir dari blog pribadi GuineapigsloverIndonesia.

Harga, impraboard, ukuran, 2mm, 3mm, 4mm, 5mm, Gramedia, cm, warna, hitam, putih, dijual, toko, online, material, bahan, dasar, Polypropylene corrugated sheet, plastik, lembaran, di, pasaran, resin, keunggulan, konstruksi, advertising, kandang, box, polycarbonate sheet

Ilustrasi: lembaran impraboard untuk berbagai keperluan (sumber: isoo.site)

Impraboard memiliki banyak ragam dan aplikasi dalam kebutuhan industri, periklanan maupun pertanian. Keunggulan Impraboard dibandingkan dengan produk lain, adalah warna, ketebalan, dan ukuran yang beragam, tahan air (water resistant), ringan dan kuat, ekonomis (hemat dan tahan lama), tidak mudah rusak dan tahan benturan. Selain itu, juga dapat digunakan berulang kali, higienis, tahan terhadap suhu ekstrem dan kimia, aman untuk aplikasi makanan, hasil cetak berkualitas, dan mudah diproses oleh end user (potong, tekuk, jahit, lem, bor, dan lain-lain).

Nah, bisakah penggunaan impraboard digantikan polycarbonate sheet atau material lain? Jawabannya bisa. Hanya saja biaya yang dikeluarkan biasanya lebih mahal, karena memang harganya lebih mahal. Di samping itu, memotong polycarbonate sheet lebih sulit daripada memotong impraboard (menggunakan gergaji, sementara impraboard cukup menggunakan cutter saja). Kekurangan lainnya adalah polycarbonate sheet cukup berat sehingga akan cukup merepotkan ketika memindah-mindahkan box polycarbonate. Hanya saja polycarbonate sheet cenderung lebih kokoh daripada impraboard.

Sementara material lain yang bisa digunakan untuk mengganti impraboard adalah material yang tahan air, tidak mudah kotor, tidak berkarat, tidak mudah berjamur, bisa digunakan untuk kandang. Beberapa orang menggunakan vinyl, shower curtain, renang anak-anak yang terbuat dari plastik sebagai pengganti impraboard.

Loading...