Mulai Dikembangkan Petani Gorontalo, Harga Edamame Mentah Mulai Rp14 Ribuan per Kg

Harga, edamame, mentah, frozen, kudapan, direbus, kacang, Jepang, di, pasaran, per, kg, kilogram, Gorontalo, akses, pasar, perdagangan, produksi, kedelai, gizi, vitamin, manfaat, kesehatan, jantung, daya, tahan, tubuh, kandungan, antioksidan, dijual, ditanam, omega, lemak, omega, komoditas, petani, panenEdamame mentah (sumber: ohme.pl)

Edamame atau kedelai Jepang mulai dijadikan kudapan oleh masyarakat sekarang ini. Cukup direbus dan Anda sudah bisa menikmati kacang ini. Biasanya edamame dijadikan kudapan saat bersantai, nonton TV, hingga disajikan untuk menyambut tamu saat arisan. Di pasaran, edamame dijual dalam bentuk dan mentah. Harganya beragam, namun cukup terjangkau. Mulai Rp14 ribuan per kg.

Meski enak dan biasa jadi kudapan, tapi tidak banyak orang tahu kalau edamame memiliki kandungan gizi tinggi dan segudang . Edamame dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dan B. Tentunya vitamin ini bisa menjadi perisai tubuh supaya tetap prima.

Kedelai Jepang ini juga memiliki kandungan protein yang terbilang tinggi. Edamame memiliki kandungan protein 36% lebih tinggi daripada kedelai biasa. Anda bisa menjadikannya kudapan sehat dan tidak perlu takut kolesterol karena edamame rendah lemak.

Jika ingin terhindar dari jantung, Anda bisa rutin berolahraga serta makanan sehat, salah satunya adalah edamame. Kedelai Jepang ini mengandung asam lemak omega 3 dan 6. Selain itu kandungan antioksidannya juga bisa mengurai lemak yang menumpuk dan mencegah darah tinggi serta penyakit jantung.

Saat ini, Provinsi Gorontalo mulai mengembangkan kacang edamame. Kacang ini dikembangkan di lokasi demonstration plot (demplot) inovasi agrobisnis di Desa Tridharma.

Koordinator Petani Demplot Desa Tridharma Roni Harun mengatakan, penanaman kacang edamame disarankan oleh mantan menteri Rachmat Gobel. Gobel yang merupakan Utusan Khusus Presiden RI untuk Jepang tersebut mendorong kacang edamame dikembangkan di Gorontalo karena sangat digemari dan tergolong makanan mewah di Jepang.

“Akhirnya Pak Rachmat berinisiatif agar kacang edamame ditanam di sini. Ternyata hasilnya bagus,” kata Roni, dilansir Republika.

Roni mengklaim, kualitas kacang edamame produksi mereka lebih bagus daripada yang ditanam di Jawa. Menurutnya, kacang edamame baru ditanam di Gorontalo. Pada bulan ini, untuk pertama kalinya kacang tersebut dipanen.

Menurutnya, panen kacang edamame terjadi tiap dua hingga tiga bulan sekali. “Ini baru pertama kali panen, baru pembibitan awal. Akan dilanjutkan ke depannya,” ucap Roni.

Dia menambahkan, produksi para petani rencananya akan dijual ke Jepang. Saat ini, ujar dia, Gobel yang sedang mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI akan melakukan kerja sama perdagangan dengan Jepang untuk kacang edamame produksi Desa Tridharma. “Petani akan dibukakan akses ke Jepang. Nanti kami juga akan diberitahu berapa pastinya harga kacang ini di Jepang,” ujar dia.

Roni mengatakan, harga kacang edamame di Jakarta sekitar Rp 14 ribu per kilogram (kg). Namun, jika dijual ke Jepang bisa sekitar Rp 20 ribu per kg.

Loading...