Mudah Dioperasikan, Ini Harga AV Receiver Kenwood KC X1 Thx Preamp

AV Receiver Kenwood KC X1 - (Sumber: gammaelectronics.xyz)AV Receiver Kenwood KC X1 - (Sumber: gammaelectronics.xyz)

yang paling populer saat ini adalah speaker aktif ataupun Mikro Hi-Fi. Namun, sebenarnya ada perangkat video yang memiliki kualitas lebih mumpuni dalam mengolah sumber video dari CD Player, DVD Player, atau gadget lainnya, yakni AV Receiver.

AV Receiver merupakan pengolah audio video yang merupakan gabungan dari 3 perangkat sekaligus, yakni Pre-Amp, Amplifier, dan Tuner. Dapat dikatakan bahwa perangkat ini adalah pusat kontrol dari sebuah sistem musik karena dari receiver lah dapat dengan mudah memilih sumber keluaran musik.

Tak hanya untuk memilih sumber keluaran musik, perangkat tersebut juga berfungsi untuk mengendalikan , bass, maupun treble. Apabila seorang pengguna menginginkan perangkat audio yang multifungsi, maka receiver dapat menjadi yang tepat karena lebih mudah dalam set up pengoperasiannya.

Pada dasarnya, AV Receiver merupakan perangkat amplifier yang built in Tuner (Radio) yang berfungsi untuk menerima dan memperkuat sinyal kompenen sumber serta mampu meneruskan data dari sumber video menjadi tampilan di layar TV atau proyektor (Pass-through). Namun seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini kemampuan AV Receiver semakin berkembang karena mampu memproses sinyal digital yaitu dengan ditambahkannya dekoder surround sound seperti Dolby Digital atau DTS sehingga menjadi Amplifier multi kanal.

Ada dua bagian paling penting dalam sebuah perangkat AV Receiver, yakni Pre Amp dan Amplifier. Pre Amp berfungsi sebagai otak dari receiver yang mengarahkan sinyal dari komponen sumber (line level) ke amplifier. Selain itu juga berfungsi mengontrol volume sehingga pengguna bisa leluasa mengatur volume sebelum line level dikirimkan ke amplifier. Oleh karena itu salah satu fitur dari AV receiver adalah tersedianya output pre Amp yang bisa dihubungkan dengan subwoofer aktif atau ke amplifier terpisah.

Sementara bagian amplifier berfungsi untuk mengolah line level dari pre amp sehingga memiliki tenaga yang lebih besar dan kuat untuk bisa mendorong driver speaker sampai mengeluarkan audio yang maksimal. Besarnya kekuatan atau power merupakan elemen yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah AV receiver, yang biasanya dinyatakan dalam Watt contoh 100 Watt per Kanal.

Ada banyak AV Receiver yang beredar di pasaran, seperti merek Marantz SR 6008, RX-V379, Onkyo TX-NR1009, Denon AVR-X5200, Pioneer VSX-329-K, hingga Kenwood KC X1 Thx Pre Amp. Sejumlah tersebut dengan harga yang bervariasi, misalnya merk Yamaha dengan harga Rp9,5 jutaan, atau Kenwood yang seharga Rp4 jutaan.

Khusus untuk Kenwood KC X1 Thx Pre Amp, perangkat ini memiliki sirkuit pemrosesan sinyal untuk Home THX, Dolby Pro Logic standar, Dolby 3 Stereo, dan DSP Logic. Terdapat mode bypass untuk mendengarkan stereo dua kanal konvensional, dan mode mono yang dapat digunakan oleh semua sinyal untuk menyalurkan ke speaker pusat.

“Meskipun tanpa monitor video terpasang, KC-X1 sangat mudah diset up dan disesuaikan sebagai jantung dari sistem speaker surround sound empat dasar. Komponennya lebih mudah dioperasikan daripada beberapa unit serbaguna lainnya yang telah kami gunakan. Rentang penyesuaian KC-X1 cukup memadai untuk menghasilkan spasial yang diinginkan dengan berbagai program musik,” ucap salah seorang pengguna.

Pada bagian apron belakang Kenwood KC-X1 memiliki jack untuk digunakan dalam sistem remote control dengan komponen Kenwood yang kompatibel. Tiga gerai AC, yang dua cabangnya memiliki rating daya gabungan 940 watt. KC-X1 juga dilengkapi dengan remote control sistem yang diprogram secara internal untuk mengoperasikan dua dek tape Kenwood, serta semua fungsi normal receiver. Remote ini juga dapat diatur untuk mempelajari perintah dari model dan komponen lain.

Loading...