Mudah Dicari, Minyak Zaitun Dijual Mulai Harga Rp 26 Ribu di Indomaret

Minyak Zaitun - www.momentmag.comMinyak Zaitun - www.momentmag.com

zaitun sudah lama dikenal sebagai salah satu alami yang menawarkan banyak manfaat untuk maupun . Tak heran jika kini banyak yang berusaha mengolah minyak zaitun menjadi berbagai produk, seperti alternatif minyak untuk memasak, untuk , untuk pijat, hingga untuk wajah. Mencari minyak zaitun pun tak sulit, sebab di banyak tempat seperti apotik maupun mini market layaknya Indomaret dan Alfamart sudah banyak dijual dengan harga yang bervariasi.

Sebagai contoh, di Indomaret terdapat beberapa merk minyak zaitun yang bisa ditemukan. Misalnya saja Bertolli Olive Oil Extra Virgin 500 ml yang dibanderol seharga Rp 83.700. Minyak zaitun merek Bertolli biasanya banyak dipakai untuk mengolah makanan seperti menumis, salad dressing, menggoreng, dan sebagainya.

Kemudian ada pula merek-merek lain seperti Ovale Olive Oil ukuran 100 ml dengan harga Rp 26 ribu per botol dan Minyak Zaitun Mustika Ratu ukuran 175 ml seharga Rp 31.700. Produk-produk minyak zaitun seperti merek Ovale dan Mustika Ratu biasanya dipakai untuk memijat, merawat yang kering, dan sebagainya.

Menariknya, belum lama ini ada penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun rupanya mampu mencegah penyakit diabetes. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Virginia Polytechnic Institute dan State University (Virginia Tech) di Amerika Serikat, senyawa oleuropein dari zaitun ternyata membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak insulin, molekul sentral tubuh yang mengendalikan metabolisme.

Senyawa tersebut sekaligus mendetoksifikasi molekul lain yang disebut amylin, yang memproduksi berlebihan dan membentuk agregat berbahaya pada diabetes 2. “Karya kami memberikan wawasan mekanistik baru mengenai pertanyaan lama mengapa produk zaitun bisa bersifat anti-diabetes,” ucap Bin Xu, asisten profesor di Virginia Tech seperti dilansir Zeenews.

“Kami percaya ini tidak hanya akan berkontribusi pada biokimia fungsi komponen zaitun oleuropein, namun juga berdampak pada masyarakat umum untuk lebih memperhatikan produk zaitun sehubungan dengan epidemi diabetes saat ini,” imbuhnya.

Tak cukup sampai di situ, kandungan asam lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acids (MUFA) dalam minyak zaitun disebut-sebut mampu meningkatkan kecerdasan umum seseorang. “Temuan kami memberikan bukti baru bahwa MUFA terkait dengan jaringan otak yang sangat spesifik, jaringan atensi dorsal, dan seberapa optimal jaringan ini diatur secara fungsional,” ungkap Aron Barbey, profesor di University of Illinois-Urbana-Champaign.

Loading...