Motor Lebih Bertenaga, Berikut Harga Paket Bore Up Mio 200cc Kawahara

Yamaha, Mio, sepeda, motor, skuter, harga, biaya, kompresi, kapasitas, mesin, diameter, karburator, mekanik, bengkel, performa, piston, paketPerangkat bore up, untuk menaikkan kapasitas mesin sepeda motor (sumber: Bukalapak.com)

Ada banyak cara yang dilakukan untuk membuat menjadi lebih kencang dan bertenaga, salah satunya dengan bore up. Ini adalah upaya menambah dengan memperbesar diameter piston. Jika Anda ingin melakukan bore up skuter Yamaha Mio menjadi 200cc, ada banyak pilihan paket bore up, salah satunya Kawahara, dengan harga sekitar Rp600 ribuan sampai Rp900 ribuan, terkadang bisa jutaan .

Tidak sulit menemukan paket bore up Kawahara agar Yamaha Mio bisa memiliki kapasitas mesin hingga 200cc. Di salah satu situs jual beli online, ada yang menawarkan paket bore up ini dengan harga Rp685 ribuan untuk Mio karburator 58,5 mm. Sementara, pedagang lainnya menawarkan paket bore up dengan harga Rp900 ribuan, termasuk pen stroke Kawahara 5 mm, blok TDR, dan head klep EE.

“Bila sepeda motor ingin di-bore up, pemiliknya harus mencari mekanik yang mumpuni dan ahli mesin. Karena, jika salah pilih mekanik, bisa menyebabkan kerugian yang tidak kecil,” jelas Toto, seorang mekanik di AHASS Honda 7241, Depok. “Mekanik harus tahu perhitungan dalam melakukan bore up. Salah perhitungan, motor bisa turun mesin, bahkan jebol.”

Saat ini, memang sudah tersebar bengkel yang melayani custom motor dengan berbagai , mulai trail, café racer, scrambler, motor besar, hingga motor . Bengkel Dwayne di bilangan Jalan HOS Cokroaminoto, Tangerang, misalnya, menawarkan tampilan dan juga jasa menaikkan kapasitas performa mesin atau bore up.

“Kalau bore up mesin 125cc ke 150cc, biayanya berkisar Rp2jutaan, sedangkan bore up mesin 110cc ke 150cc atau 200cc, biayanya bisa mencapai Rp7 juta,” ujar Wansko, mekanik Bengkel Dwayne. “Jeroan atau dalam mesin pasti berubah, dan penyesuaian kompresi biar tidak cepat jebol. Semua disesuaikan, termasuk noken as dan lainnya.”

Dibandingkan mesin , kelebihan motor yang sudah di-bore up adalah memiliki tenaga yang lebih responsif di putaran bawah, serta memiliki kecepatan dan akselerasi yang lebih mumpuni. Namun, motor yang sudah bore up juga tidak luput dari kelemahan, salah satunya piston yang lebih rawan jebol dan mesin yang cepat panas (overheat).

Loading...