Motif Tapak Beragam, Karet Vulkanisir Ban MBS Dijual dengan Harga Bersaing

Ban pada mobilIlustrasi : Ban pada mobil

Di kalangan penjual ban, terutama ban bekas, teknik vulkanisir sudah cukup umum dilakukan. Vulkanisir ban adalah proses penempelan tapak ban baru atau rekondisi agar dapat dipakai lagi tanpa mengabaikan standar keamanannya. Metode semacam ini diklaim sah-sah saja dilakukan asalkan ban asli yang hendak direkondisi mempunyai kode regroovable.

Menurut Training and Product Evaluation Department Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, Deni Arief Pribadi, ban yang memiliki kode regroovable masih dapat diolah kembali lantaran karet yang digunakan biasanya lebih tebal. “Harus ada tulisan regroovable-nya. Kalau tidak ada tidak boleh. Bahaya,” ujar Deni di Karawang, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Deni menuturkan bahwa vulkanisir ban yang memiliki kode regroovable masih memenuhi keselamatan ban vulkanisir sesuai standar internasional meskipun standar itu masih belum sepenuhnya diakui di Indonesia. “Padahal ban-ban pesawat pakai vulkanisir, bahkan sampai delapan kali (dipakai ulang). Jadi sepanjang masih sesuai standar vulkanisir yang diakui, tidak ada masalah,” beber Deni.

Sementara itu National Sales Manager UHP Goodyear Indonesia Romijo Huka menambahkan, teknik vulkanisir itu sudah diakui atau sah lantaran biasanya dilakukan oleh pabrikan itu sendiri. “Tetapi hanya untuk komersial dan jenisnya juga bisa, bukan tubeless dan untuk pribadi,” ungkap Romijo.

Jika ditinjau dari segi , vulkanisir tak seperti ban normal, atau secara kemampuan hanya berkisar 60-70% dari ban biasa. tersebut sengaja dibuat untuk menekan biaya pada para pelaku usaha. “Secara hukum pun sah, maka dari itu sering digunakan oleh pengusaha truk karena atau pasarnya di situ,” jelasnya.

Saat ini karet untuk vulkanisir pun cukup banyak. Salah satunya seperti MBS. Brand MBS disebut-sebut sebagai pelopor karet vulkanisir ban yang ada di Indonesia dengan kualitas yang cukup bersaing. karet vulkanisir MBS di berkisar mulai Rp 455 ribu per roll. Karet vulkanisir ban tersebut ditawarkan dalam beragam motif tapak atau yang kerap disebut ‘kembangan’ dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan.

Loading...