Model Makin Beragam, Biaya Jahit Baju Bridesmaid Berkisar Mulai Rp 300 Ribuan

Biaya Jahit Baju Bridesmaid - solo.tribunnews.comBiaya Jahit Baju Bridesmaid - solo.tribunnews.com

Tren saat ini memang lebih mengacu ke tren di luar negeri, dengan beberapa yang juga mengalami sedikit pergeseran. Misalnya dulu kita lebih mengenal pendamping mempelai dengan sebutan pagar ayu atau pagar bagus, maka kini istilahnya terdengar lebih keren dengan sebutan ‘bridesmaid’. Biasanya para bridesmaid bertugas menemani pengantin perempuan selama berlangsung dan mengenakan yang seragam.

Para bridesmaid ini biasanya akan diberi sehelai kain yang harus dijahit atau bahkan baju yang sudah jadi. Nah, jika mendapat kain yang belum dijahit, tentu saja bridesmaid harus mengeluarkan ongkos jahit pribadi yang kabarnya memakan cukup mahal, antara ratusan ribu hingga jutaan . Itu masih belum termasuk kado untuk sang mempelai atau bahkan ada juga yang harus patungan dengan teman-teman satu geng untuk mengadakan acara semacam bridal shower.

Salah seorang wanita bernama Dwi, mengaku mengeluarkan uang hingga ratusan ribu untuk menjadi bridesmaid. “Jahit baju seragam, pertama kalau dikasih bahannya ngepas kita nambahin bahan lagi. Kita juga cari penjahit ga yang asal-asalan ya karena ingin bagus sesuai yang kita mau, jadi mau ga mau ongkos jahitnya mahal. Trus kalau bahannya kurang bagus sayang buat ongkos ngejahitnya. Kadang baju bridesmaid juga hanya dipakai sekali. Jadi pengeluaran aku bisa sampe Rp 500 ribuan,” ujar Dwi seperti dilansir Vemale.

Hal senada juga dirasakan oleh Rahma. Meski senang bisa dipilih sebagai bridesmaid, ia juga memusingkan soal uang dan pakaian seragam yang hendak dikenakan. “Terkadang suka menjadi sedikit beban itu pada saat kita mesti jahit bahan yg mereka kasih ke kita. Kita perlu memikirkan modelnya kadang-kadang suka sampe galau mikirinnya. Terus dikasih bahan seadanya mau gak mau kalo bahannya kurang kita mesti nambah beli lagi bahan butuh budget lagi kan belum lagi budget untuk bayar jahitnya nanti. Kira-kira aku habis sampai Rp 500 ribuan untuk jahit seragam bridesmaid,” jelasnya.

Selain di penjahit-penjahit terdekat, saat ini bahkan juga ada jasa jahit baju bridesmaid yang beredar di situs-situs e-commerce. Jasa jahit baju atau kebaya bridesmaid ini mematok biaya yang relatif terjangkau, yakni berkisar Rp 350 ribu dengan size atau yang bisa custom menyesuaikan badan sang pemakai.

Loading...