Mobil Kargo yang Imut, Berapa Harga Micro Commuter Buatan Honda?

Micro Commuter - insideevs.com

TOKYO – Pada tahun 2016 lalu, pabrikan Honda mengumumkan bakal membuat mungil bertenaga listrik bernama Micro Commuter, yang bekerja sama dengan Kabuku. Meski belum diketahui secara resmi berapa yang dipatok untuk tersebut, tetapi yang jelas, smart ini ditujukan untuk memudahkan pengangkutan barang di tengah kemacetan kota-kota besar.

Seperti dikutip dari Leftlane, kendaraan ini merupakan mobil garapan Honda dengan Kabuku, sebuah startup 3D asal Jepang, yang dirancang di atas sasis tubular Honda dengan panel bodi yang dicetak secara 3D. Sekilas, Micro Commuter mengingatkan pencinta otomotif pada sebuah mobil yang pernah dikembangkan oleh Renault berupa Twizy Cargo, yang memakai lampu depan bulat yang akan menguatkan kesan imut.

Sebelumnya, prototipe mobil ini sebenarnya sudah pernah dipamerkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2012 lalu, demikian menurut laporan Detik. Mobil ini muncul sebagai jawaban atas kebijakan sertifikasi mobil ultra-compact yang diwacanakan oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, , dan Pariwisata Jepang pada tanggal 1 Februari 2013 lalu.

Mungkin, sebagian orang berpikir bahwa Honda ‘bermain-main’ dengan menciptakan mobil 3D ini. Tetapi, sebuah mobil cetak 3D merupakan bisnis yang serius bagi perusahaan tersebut. Dengan menggunakan perangkat lunak dan rekayasa khusus, produksi kendaraan hanya dilakukan dalam waktu dua bulan, plus penghematan yang sangat besar. “Proses pembangunan total hanya dua bulan, sambil tetap menawarkan kendaraan orisinal dengan mengurangi waktu dan ,” ucap Honda.

Melongok ke sektor , mobil listrik ini menawarkan satu dan bagian belakang diperuntukkan sebagai bagasi. Meski Micro Commuter diperkenalkan sebagai kendaraan transportasi, tetapi mobil tersebut tetap dibekali dengan instrument cluster penuh dan sistem infotainment layar sentuh. Sementara, kecepatan maksimum yang bisa diraih mampu menembus 70 km per jam.

Sayangnya, hingga saat ini, Honda belum memberikan keterangan resmi kapan produksi Micro Commuter akan mulai dilakukan. Jika permintaan berkembang, Honda kemungkinan akan memproduksi mobil ini secara massal dan diperkirakan akan dilepas di kisaran harga 600 ribu yen untuk Negeri Sakura.

Loading...