Minimal Saldo Mengendap Rp 100 Ribu, Adakah Cara untuk Menghabiskan Saldo ATM Mandiri?

ATM Bank Mandiri (sumber: liputan6.com)ATM Bank Mandiri (sumber: liputan6.com)

Sejak beberapa tahun lalu, sebagian besar bank di Indonesia memiliki aturan mengenai minimal saldo yang tertahan atau mengendap di dalam . Sehingga para tak bisa lagi menghabiskan atau menarik dalam rekeningnya hingga hanya tersisa saldo sebesar nol . Setiap bank biasanya memiliki kebijakan yang berbeda mengenai besaran nominal saldo yang tertahan ini. Khusus , besaran saldo minimal yang mengendap di tabungan adalah Rp 100.000.

Lantas mengapa sebenarnya diterapkan aturan mengenai saldo minimal di setiap bank? Rupanya saldo yang mengendap tersebut akan digunakan oleh pihak bank untuk mengganti biaya administrasi apabila nasabah dalam waktu tertentu tak pernah lagi menggunakan rekeningnya dan kemudian akan dilakukan penutupan oleh pihak bank.

“Tujuan ada saldo minimal tabungan di bank adalah untuk mengedukasi masyarakat bahwa selain untuk menabung, rekening tabungan juga harus dioptimalkan semaksimal mungkin untuk memfasilitasi segala kebutuhan terkait dengan aktivitas ,” kata Group Head Retail Deposit PT Bank Syariah Mandiri (BSM) Dewa Bagus Ivan Baruna, seperti dilansir Bisnis.

Bahkan Bank Mandiri juga akan menetapkan denda apabila saldo nasabah tidak mencukupi batas minimum yang telah ditetapkan. “Nasabah akan dikenakan denda saldo di bawah minimal dengan nilai yang beragam, mulai dari nihil hingga Rp 50.000, tergantung pada tabungan yang dipilih nasabah,” ungkap Corporate Secretary PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Rohan Hafas.

Sebagian nasabah mungkin bertanya-tanya, apakah tidak ada yang memungkinkan mereka untuk menghabiskan saldo di Mandiri-nya? Pada dasarnya setiap bank, termasuk Bank Mandiri akan otomatis mengeluarkan notifikasi bahwa rekening Anda tidak dapat lagi digunakan bertransaksi apabila saldo tidak mencukupi atau ketika mencapai batas minimum saldo yang ditetapkan. Jadi tidak mungkin jika sisa saldo hanya Rp 100 ribu, lalu nasabah hendak bertransaksi Rp 100 ribu pula dengan maksud menghabiskan saldo, maka sudah pasti akan ditolak secara otomatis oleh sistem.

Cara paling mungkin untuk menghabiskan saldo ATM Mandiri adalah dengan menariknya secara manual dengan mendatangi teller di Bank Mandiri terdekat. Tetapi pastikan nasabah mengisi saldonya lagi sebelum akhir bulan supaya rekening tetap aktif. Penarikan via teller untuk dana di bawah Rp 10 juta akan dikenai biaya Rp 10 ribu. Selain itu, bisa juga dengan cara melakukan penutupan rekening. Penutupan rekening Mandiri dikenai biaya Rp 50 ribu.

Loading...