Minim Katalis Positif, Bitcoin Masih Betah Bertengger di Level $ 7.600

Bitcoin - www.latimes.comBitcoin - www.latimes.com

Pada perdagangan hari ini, Sabtu (9/6), berada di posisi 7.661,23 atau sekitar Rp 106,7 jutaan, naik 0,59 persen setelah dibuka di level 7.616,10. Sepanjang perdagangan hari ini, bergerak pada rentang angka USD 7.616 hingga USD 7.679,01 dengan pangsa sebesar USD 131 miliar.

Gerak bitcoin sendiri terpantau menemukan resistensi di level sekitar USD 7.700 dan masih berkutat di level USD 7.600. Pada perdagangan hari Jumat (8/6) kemarin, bitcoin berada di angka USD 7.592 per 1 BTC, turun hampir 1,5 persen selama periode 24 jam.

Meski sempat melemah, Robert Sluymer dari Fundstrat Global Advisors mengungkapkan pada Kamis (7/6) bahwa bitcoin akan segera melesat dalam waktu dekat. Seperti dilansir CNBC, Sluymer mengaku yakin ada beberapa tingkat yang sangat penting akan datang untuk Bitcoin dalam beberapa hari ke depan.

Walaupun harga bitcoin gagal mencetak reli yang diharapkan pada bulan Mei 2018 lalu seperti prediksi Tom Lee dari Fundstrat, Sluymer mencatat bahwa tren harga jangka panjang Bitcoin secara teknis masih naik secara teknis dengan USD 9.500 sebagai level kritisnya.

Lebih lanjut Sluymer mengatakan bahwa bitcoin kini sedang berada pada tren penurunan. “Ketika kita berpikir tentang apa yang diperlukan untuk mengubah keamanan, pasar, cryptocurrency di sekitar, pertama-tama ini perlu melemah, kemudian perlu membalikkan tren naik atau downtrend, dan kemudian perlu mengubah jadi tren . Jadi kita saat ini telah berada di langkah pertama,” jelasnya.

Sluymer memang mencatat bahwa di luar sana banyak yang memprediksi bitcoin akan mencapai harga terendah di level USD 5.000 atau USD 3.000. Tetapi Sluymer percaya bahwa bitcoin akan reli jika telah berhasil melewati level USD 7.800.

Di sisi lain, bitcoin saat ini masih tertopang oleh peningkatan di Venezuela karena warga mencari langkah alternatif untuk pembiayaan dan atau hanya sekadar keluar dari lokal yang terdepresiasi dengan cepat. Ini juga memicu dukungan dari spekulasi bahwa SEC tidak berencana mengatur bitcoin karena itu bukan berkaitan dengan keamanan.

Tetapi kurangnya katalis positif yang kuat telah membuat mata uang digital ini tertahan. G7 Summit yang akan datang diharapkan dapat menghasilkan gerakan baru dan menghidupkan kembali optimisme di industri ini apabila para pemimpin menyambut baik perkembangan bitcoin.

Loading...