Minggu ini, Rupiah kembali ditekan oleh Dollar

Rupiah turun anjlokDi awal minggu ini Rupiah bisa jadi akan mengalami masa-masa yang berat lagi. Di sesi awal (9/2), Rupiah dibuka sebesar 55 basis poin dari posisi penutupan minggu lalu di Rp 12.621 per hingga sekarang berada di posisi Rp 12.676 per Dolarnya. Minggu ini Rupiah tampaknya harus bertahan terhadap tekanan dari yang kembali bergerak menguat sejak akhir pekan lalu.

Pada sesi perdagangan hari Jumat minggu lalu, Rupiah memang sempat melemah pada sesi pembukaan, namun berhasil kembali menguat pada sesi akhir hingga penutupan perdagangan. Menurut Kepala RisetSamuel Sekuritas Indonesia, Indeks Dolar juga sempat melemah beberapa saat sebelumnya. Posisi Rupiah juga membaik karena adanya sentimen yang bergulir mengiringi naiknya . “Namun hari ini Rupiah berpeluang melemah (jika) melihat kembalinya tren penguatan pada Indeks Dolar ”.

Di pihak lainnya, kembali kehilangan momentum penguatan pada perdagangan hari Jumat (6/2) setelah negosiasi yang dilakukan antara baru Yunani dengan Troika tidak kunjung menemukan titik kesepakatan. Hal inilah yang memicu penguatan Dolar meskipun disaat yang bersamaan sebenarnya penyerapan tenaga kerja di Amerika Serikat lebih buruk dari bulan sebelumnya.

Loading...