Miliki Produk Deposito, Bank Panin Tawarkan Tingkat Suku Bunga Variatif & Kompetitif

bunga, deposito, panin, tingkat, suku, simpanan, berjangka, waktu, tertentu, 1, bulan, 6, tahun, 3, terendah, tertinggi, situasi, pasar, perbankan, bank, 2017, 2018, turun, operasi, rata-rata, kisaran, tawaranIlustrasi: simpanan deposito di bank

Panin menyediakan salah satu simpanan berjangka waktu tertentu dengan atau valuta asing dengan tingkat suku bervariasi dan kompetitif yaitu deposito. Berdasarkan situs panin.co.id, Bank Panin menetapkan suku maksimum berdasarkan jangka waktu.

Untuk jangka waktu 7 hari, nilai deposito kurang dari Rp 7 miliar, tingkat suku bunga deposito maksimum adalah 3,75 persen. Sedangkan untuk nilai deposito lebih dari Rp 2 miliar, maka tingkat suku bunganya sebesar 4,25 persen. Semakin lama jangka waktu, maka akan semakin besar pula tingkat suku bunga depositonya.

Dengan memiliki deposito Panin, Anda akan menikmati berbagai keuntungan seperti tingkat suku bunga bervariasi dan kompetitif, menggunakan mata uang rupiah atau mata uang asing (terdapat berbagai macam pilihan mata uang asing), pencairan atau perpanjangan yang mudah, dan lainnya.

Pada awal April 2018, terjadi perubahan situasi . Hal itu berdampak kepada pihak , yaitu bank. Salah satu cara bank menyesuaikan dengan keadaan pasar adalah mengubah tawaran suku bunga deposito.

Rata-rata tawaran bunga deposito berbagai bank per 3 April 2018 berkisar 2,5 persen sampai 7,1 persen. Secara umum, kisaran tawaran bunga depositonya menjadi melebar. Untuk jangka waktu 1 bulan, rata-rata bunga terendah ditawarkan oleh Bank ANZ , yaitu 2,5%. Adapun rata-rata bunga tertinggi (7,1%) disodorkan oleh Bank Maybank .

Deposito berjangka 3 bulan, rata-rata bunga terendah masih ditawarkan oleh Bank ANZ Indonesia (2,9%). Rata-rata bunga tertinggi (6,2%) disodorkan oleh Bank CIMB Niaga.

Rata-rata bunga deposito berjangka waktu 6 bulan yang terendah juga ditawarkan oleh Bank ANZ Indonesia (3,1%). Adapun rata-rata bunga tertinggi disodorkan oleh ICBC Indonesia (6,5%)

Sementara itu, untuk deposito jangka waktu 1 tahun, Bank Commonwealth menawarkan rata-rata bunga yang tertinggi (6,5%). Adapun bunga terendah dipasang oleh Bank ANZ Indonesia (3,1%)

Sementara itu, Bank Panin sendiri memberlakukan tingkat suku bunga 4,6 persen untuk jangka waktu 1 bulan, 5,4 persen untuk 3 bulan, 5,9 persen untuk 6 bulan, dan 5,8 persen untuk jangka waktu 1 tahun.

Sementara itu, jika dilihat keadaannya pada tahun 2017, PT Bank Pan Indonesia Tbk (Bank Panin) mengalami penurunan tipis pada akhir tahun. Hal itu sejalan dengan tren penurunan bunga deposito dan kredit. Penurunan bunga deposito dan kredit terjadi karena efek penurunan bunga acuan 7DRR rate yang dilakukan Bank Indonesia (BI).

Herwidayatmo, Presiden Direktur Bank Panin mengatakan bahwa meskipun NIM (net interest margin) mengalami penurunan tipis, namun hal tersebut diharapkan bisa menutup biaya operasi bank.

“NIM masih oke, pasti turun ke depan tapi masih bisa menutup biaya operasi bank,” kata Herwid.

Untuk meminimalisasi efek penurunan NIM, bank akan menyesuaikan tingkat bunga deposito. Sebagai gambaran sampai Juni 2017 NIM Bank Panin sebesar 4,63% atau turun dari periode sama 2016 5,02%.

Loading...