Miliki Pesona Alam, Tempat Wisata di Malangbong Garut Siap Sambut Wisatawan

tempat, wisata, di, malangbong, garut, kabupaten, kecamatan, siap, menyambut, wisatawan, tebing, cinta, foto, jodoh, curug, citarik, kawasan, alam, pesona, kuliner, objek, Gunung, CipeundeuyDestinasi Tebing Cinta di Malangbong, Garut (sumber: hariangarut-news.com)

Di Kabupaten terdapat satu Kecamatan bernama yang memiliki beberapa tempat yang dijadikan sebagai kawasan . Dengan pesona yang dimiliki, lokasi wisata di kawasan Malangbong Garut dinilai siap menyambut para wisatawan. Salah satunya yang dinamakan ‘Tebing Cinta’. Lokasinya ada di Jati Areuy Selfi Cobra (JSC) Gunung Cipeundeuy, Desa Cikarag.

Pengelola Wisata Alam JSC, Ahmad mengatakan bahwa objek wisata itu terbentuk dari kepedulian organisasi Komunitas Pecinta Alam yang ada di Malangbong. “Dengan melihat potensi alam yang ada di Puncak Gunung Cipeundeuy dan panorama alam yang bisa melalui fasilitas untuk bisa berfoto ria,” ujarnya.

“Untuk menuju lokasi itu, para pengunjung bisa melalui jalan beraspal melewati Kantor Desa Cikarag dengan jarak tempuh kurang lebih 2 km. Di sini pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang ada di bawah gunung. Banyak pilihan tempat berfoto diantaranya Rumah Pohon, Tebing Cinta dan lain lainnya,” tambah Ahmad.

Ditemui di tempat terpisah, Kepala Desa Cikarag, Dudung Abdurahman, mengatakan bahwa keberadaan JSC merupakan salah satu rencana Desa Wisata yang sedang digalakkan oleh pemerintah desa, salah satunya wisata JSC yang kini ada di puncak Gunung Cipeundeuy,” kata Dudung.

“Ke depannya akan dibangun tempat wisata lainnya sebagai pendukung di antaranya area ketangkasan Domba Garut, tempat berkemah dan rumah makan. Hal ini diharapkan bisa menunjang pendapatan bagi sekitarnya serta PAD Desa Cikarag sendiri,” jelas Dudung.

Ingin tidak hanya berfoto? Masih dari kawasan Malangbong, Garut, ada tempat wisata lain yang menawarkan keindahan alam. Tempat itu adalah Curug Citarik. Selain karena daya tarik alamnya saja, tempat wisata itu juga kental dengan sebagai tempat perekat jodoh. itu mungkin saja tercipta karena pengunjungnya yang sebagian besar adalah kaum muda-mudi.

Kepala Desa Sakawayana, A Isra, menjelaskan bahwa pengunjung ke Curug Citarik dari hari ke hari jumlahnya semakin banyak, apalagi jika hari libur. Mereka bukan hanya warga Malangbong, tapi juga dari luar daerah/kota. “Selain terkenal dengan cerita tentang perekat jodohnya, curug ini juga merupakan wisata baru yang menarik,” ungkapnya.

Air dari curug yang jernih dinilai memiliki pesona tersendiri. Ditambah dengan ketinggian sekitar 23 meter, membuat air yang jatuh dari dari ketinggian itu mengepulkan uap seperti kabut.

Lokasi Curug Citarik berdekatan dengan mata air panas yang berada di Desa Sukajaya. Air dari curug itu nantinya mengalir ke Sungai Cipedes yang juga tidak kalah menariknya. Isra mengatakan bahwa pihaknya berencana akan mengembangkan objek wisata Curug Citarik menjadi lebih menarik lagi. “Ini akan menjadi potensi untuk mendongkrak perekonomian warga sekitar,” ujarnya.

Selain lokasi wisata, kawasan Malangbong, Garut juga memiliki beberapa tempat makan bagi siapa saja yang ingin berwisata kuliner. Tempat makan itu di antaranya RM Rasa Nikmat Malangbong, RM Sate Maranggi Sekawan, RM Mulya Sari, dan tempat lainnya.

Loading...