Miliki Biji Tipis dan Aroma Menyengat, Harga Buah Durian Musang King Cukup Mahal

Durian Musang King - (Sumber: durianunggul.wordpress.com)Durian Musang King - (Sumber: durianunggul.wordpress.com)

Apabila Anda termasuk pecinta buah durian, pasti tak asing dengan durian Musang King. Varian buah durian Musang King berasal dari Malaysia. Harganya beragam dan bisa ditawar jika membeli dalam jumlah yang banyak.

Jika dibandingkan dengan jenis durian lokal Indonesia, Musang King yang merupakan durian lokal Malaysia memiliki biji tipis. Berbeda dengan durian lokal Tanah Air yang memiliki biji berukuran cukup besar. Di negara asalnya, durian Musang King termasuk ke dalam jenis durian unggul.

Teksturnya juga padat dan lembut saat dimakan. Rasanya memiliki campuran pahit dan manis yang menyatu di mulut. Bahkan berdasarkan keterangan para penjual durian, Musang King dinilai memiliki kandungan alkohol yang lebih banyak jika dibandingkan dengan durian lokal Indonesia.

Daging buahnya berwarna kekuningan, sedikit kering menyerupai kunyit. Tidak heran jika di Malaysia, durian ini terkenal dengan julukan durian raja kunyit.

Harga jual durian musang king cukup . Di beberapa swalayan di Singapura dan Malaysia, durian Musang King pada kisaran harga Rp250.000 per buah. Atau rata-rata per satu kilogram durian Musang King seharga 25 hingga 38RM (sekitar Rp80 ribu sampai Rp123 ribuan). Sedangkan durian lainnya paling mahal Rp100.000 per buah.

Tidak hanya bisa didapatkan di Singapura atau Malaysia saja, nyatanya durian Musang King juga telah hadir di Indonesia. Bahkan, buah yang satu ini tergolong buah kesayangan dengan permintaan yang cukup tinggi. Di sejumlah swalayan di Jakarta mematok jenis durian Musang King hingga Rp300 ribuan per buah.

Sama seperti jenis durian lainnya, durian Musang King juga memiliki yang menyengat. Profesor Bin Tean Teh, wakil direktur Pusat Kanker Nasional Singapura dan beberapa rekannya berhasil memetakan DNA buah tersebut sehingga bisa menjelaskan alasan mengapa buah durian beraroma menyengat dan dari mana asal khas buah durian itu.

Mereka juga mengatakan telah memetakan genom durian, yang dikenal di seluruh sebagai ‘raja buah-buahan’ karena aroma, rasa, dan penampilan unik buah berduri ini.

“Aroma durian digambarkan sebagai campuran aroma sulfur, seperti bawang dengan bumbu manis atau sup gurih,” ungkap Bin Tean Teh. Teh kembali menjelaskan, komponen kunci dari bau durian adalah senyawa sulfur yang mudah menguap atau VSC, yang ditandai seperti telur busuk, bawang merah, sulfur, dan bawang merah goreng.

Kemudian mereka memetakan genome Durian jenis Musang King, jenis durian dari keluarga Durio zibethinus yang banyak di Malaysia, dan dilarang dibawa di transportasi umum di Asia Tenggara karena baunya yang keras. Mereka juga menemukan gen yang mengeluarkan bau khas tersebut lebih aktif di durian jenis Musang King dibandingkan durian jenis Monthong, yang baunya kurang menyengat dan banyak ditanam di .

Loading...