Miliki Akreditasi A, Berapa Biaya Kuliah Apoteker di Universitas Pancasila?

biaya, kuliah, apoteker, universitas, pancasila, akreditasi, A, Jakarta, kampus, swasta, mahasiswa, baru, tahun, akademik, 2018/2019, kongres, IAI, ikatan, Indonesia, praktik, kesehatan, rumah sakit, puskesmas, apotek, sumpahAhli farmasi mencatat komposisi & anjuran dosis obat

Untuk menjadi seorang apoteker, setelah di jurusan , Anda harus mengambil profesi apoteker. Biasanya kuliahnya berjalan kurang lebih selama satu tahun. Selain diisi dengan teori, selanjutnya mahasiswa farmasi akan menjalani praktik di rumah sakit atau .

Bagi Anda yang ingin sekolah profesi apoteker, Universitas Pancasila bisa menjadi pilihan. Sekolah profesi apoteker di itu telah mendapatkan akreditasi A. Untuk tahun 2018, yang berlokasi di Jakarta itu menerima dengan persyaratan lulus program strata 1 (S1) yang masa lulus tidak lebih dari 3 tahun dengan IPK minimal 3,00.

Penerimaan mahasiswa baru profesi apoteker dimulai dari 2 Januari hingga 2 Februari 2018. Masing-masing pendaftar akan melalui ujian seleksi baik teori, psikotes, dan dilanjutkan dengan wawancara. Perkuliahan dimulai pada 26 Februari 2018.

Untuk biaya kuliah, Universitas Pancasila belum memberikan mengenai hal itu. Berdasarkan situs resminya, kampus swasta itu memberikan biaya kuliah tahun 2018/2019 untuk jenjang S1 berbagai fakultas. Apabila Anda membutuhkan informasi biaya lebih lanjut, bisa kontak email kampus yang tertera di laman univpancasila.ac.id

Pada saat upacara kelulusan, mahasiswa profesi apoteker diwajibkan untuk membaca sumpah apoteker sebagai bagian dari kesiapan para apoteker untuk bekerja. Menurut Ketua Prodi Apoteker Fakultas MIPA UII Yogyakarta, Dhimas Adhi Pradana, M.Si., Apt., “Sumpah ini menjadi tanda kewenangan mereka bekerja sebagai apoteker,” ujarnya.

Sebelumnya, mahasiswa apoteker harus melalui Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI). Para apoteker nantinya akan bekerja di instansi seperti puskesmas, apotek, dan rumah sakit. Menurut Dhimas, apoteker sangat berperan dalam distribusi obat ke masyarakat. “Mereka (apoteker) itu drug expert atau orang yang ahli dalam farmasi,” ucapnya.

Ketika sudah terjun ke dalam masyarakat, para apoteker akan bekerja di tempat kesehatan yang tersebar di wilayah Indonesia. Oleh karena itu, sebagai ajang untuk silaturahmi, apoteker bisa berkumpul dan mengikuti Kongres IAI (Ikatan Apoteker Indonesia). Kongres itu merupakan organ pemegang kekuasaan tertinggi dalam IAI di tingkat pusat yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat lkatan Apoteker Indonesia.

Pelaksanaan Kongres IAI diadakan sedikitnya sekali dalam 4 (empat) tahun, paling lambat dilaksanakan 3 (tiga) bulan setelah masa jabatan pengurus berakhir. Dengan mengacu pada pelaksanaan Kongres Nasional XIX IAI yang dilaksanakan pada tanggal 21-23 Februari 2014, di Jakarta, maka Kongres berikutnya dilaksanakan paling lambat 23 Mei 2018.

“Soal calon kandidat ketua IAI periode 2018-2022, belum ada yang mendaftar. IAI berbeda dengan organisasi politik, yang jauh-jauh hari calon kandidat sudah muncul. Tapi kalau IAI, biasanya kandidat muncul ketika kongres berlangsung,” papar Sri Wahyono, Ketua Panitia/Ketua Himpunan Apoteker Seminat Obat Tradisional (Himastra).

Loading...