Saingi Apple, Microsoft Pamerkan Windows 11

Ilustrasi: sistem operasi Microsoft Windows 11 (sumber: windowscentral.com)Ilustrasi: sistem operasi Microsoft Windows 11 (sumber: windowscentral.com)

JAKARTA – Corp. pada Kamis (24/6) kemarin memamerkan sistem operasi terbaru mereka, Windows 11, yang mengalami perombakan cukup besar pertama sejak tahun 2015. Dijadwalkan memasuki pada akhir tahun 2021 mendatang, Windows 11 agaknya menjadi langkah terbaru Microsoft dalam usahanya untuk bersaing dengan .

Seperti dilansir dari Nikkei, Windows 11 akan menyertakan Windows Store baru yang memungkinkan pengembang perangkat lunak menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi mereka sendiri dan tidak membayar komisi kepada Microsoft. Sistem operasi itu juga akan memungkinkan pengguna menemukan dan menjalankan aplikasi seluler Android di laptop dan PC mereka, berkat bantuan teknologi dari Amazon.com dan Intel Corp.

Langkah tersebut bertentangan dengan pendekatan ‘walled garden’ yang dilakukan Apple. Pasalnya, pembuat iPhone itu hanya mengizinkan pengguna mengunduh perangkat lunak dari App Store dan memberlakukan kontrol pada pengembang perangkat lunak, termasuk persyaratan untuk menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi Apple dan membayar komisi sampai 30%.

Perubahan tersebut merupakan benturan visi antara Microsoft, yang kapitalisasi pasarnya baru-baru ini mencapai 2 triliun AS, dan Apple, satu-satunya perusahaan lain yang terdaftar di AS yang mencapai penilaian sama. ini juga menantang Google Play Store Alphabet Inc., yang juga membebankan komisi pengembang. “Windows selalu berdiri untuk kedaulatan bagi pencipta dan agen untuk konsumen,” kata CEO Microsoft, Satya Nadella.

Sistem operasi terbaru akan menyertakan banyak fitur yang ditujukan untuk pengguna, seperti kemampuan untuk melepaskan komputer yang terhubung ke monitor eksternal dengan lebih mulus guna menerima panggilan di ruangan yang lebih tenang dan kemudian kembali ke stasiun dok. Perusahaan juga mengintegrasikan perangkat obrolan Teams langsung ke dalam sistem operasi, sebuah langkah yang dapat menyebabkan konflik dengan Slack Technologies Inc. Slack, yang dibeli oleh Salesforce.com Inc. seharga 27,7 miliar dolar AS, telah mengajukan keluhan anti-monopoli terhadap Microsoft di Uni Eropa.

Windows 11 juga dapat menarik bagi individu, dengan fitur baru untuk gamer seperti aplikasi Xbox dan kinerja game yang lebih baik. Namun, pergeseran terbesar tampaknya adalah penawaran Microsoft kepada pengembang, pembuat konten, dan lainnya yang mencari uang dari 1,3 miliar pengguna Windows di dunia, yang hampir sama dengan total basis perangkat terpasang Apple yang terdiri dari 1,65 miliar pengguna.

Microsoft mengatakan bahwa itu akan mencakup alat baru untuk memberi tip kepada pembuat konten, termasuk outlet berita lokal, langsung di sistem operasi Windows 11. Perusahaan baru-baru ini memotong komisi pada game yang melalui menjadi 12%, lebih rendah dari 15% yang dibutuhkan pada aplikasi biasa, dan telah menjadi kritikus vokal dari App Store Apple.

Di tengah gempuran, iOS dari Apple dan Google Alphabet, Windows tetap menjadi salah satu platform terbesar di dunia teknologi, menyumbang 48,2 miliar dolar AS dari pendapatan 143 miliar dolar AS pada tahun fiskal terbarunya. Namun, sistem operasi itu kehilangan sebagian pangsa pasar pada tahun 2020 karena Chromebook buatan Google lebih dipilih banyak untuk pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19.

Loading...