Metode Belajar Perseorangan, Ini Biaya Pendaftaran Kumon

Ilustrasi : Seorang anak sedang belajar.

JAKARTA – Selain di , metode Kumon kini telah menyebar ke sejumlah negara, termasuk ke . Di Tanah Air sendiri, lembaga bimbingan belajar ini bisa Anda temukan di berbagai kota, mulai kawasan , , hingga Lombok. Untuk bisa belajar di tempat ini, dipatok sekitar Rp250 ribuan hingga Rp280 ribuan, tergantung areanya.

“Metode Kumon adalah metode belajar perseorangan, dengan level awal untuk setiap siswa Kumon ditentukan secara perseorangan,” tulis Kumon dalam situs resmi berbahasa Indonesia. “Siswa belajar mulai dari level yang dapat dikerjakan sendiri dengan mudah, tanpa kesalahan, dengan lembar kerja yang telah didesain sedemikian rupa sehingga siswa dapat memahami sendiri bagaimana menyelesaikan soalnya.”

Untuk wilayah Indonesia, Kumon menyediakan beragam program yang bisa dipilih oleh siswa. Program pertama adalah Matematika, yang bertujuan agar semua siswa mampu mengerjakan dengan kemampuan sendiri. Selain itu, ada juga program Bahasa Ibu yang memungkinkan siswa mengembangkan kemampuan pemahaman bacaan tingkat tinggi secara mandiri, selain Program Bahasa Asing.

Masih menurut sumber yang sama, biaya pendaftaran, seperti diterangkan di atas, berada di angka Rp280 ribuan untuk area 1 dan area 2, atau Rp250 ribuan untuk area 3. Biaya pendaftaran ini dibayarkan satu kali saat pertama kali siswa mendaftar di Kumon, dan biaya pendaftaran akan dikenakan untuk siswa pindah ke negara lain sesuai ketentuan negara tujuan.

Area 1 sendiri mencakup wilayah Banten, Jabodetabek, dan Karawang. Sementara, area 2 adalah Bali, Bangka Belitung, Batam, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Terakhir, area 3 meliputi Aceh, Yogyakarta, Jambi, Jawa Tengah, Lampung, Lombok, Riau, dan Sumatera Barat.

“Biaya kursus bulanan untuk area 1 prasekolah sampai SD sebesar Rp420.000, sedangkan tingkat SMP sampai SMA sebesar Rp470.000,” sambung Kumon. “Sementara, biaya kursus bulanan untuk area 2 adalah sebesar Rp370.000 di jenjang prasekolah sampai SD serta Rp420.000 untuk jenjang SMP dan SMA. Di area 3, biaya kursus bulanan prasekolah sampai SD adalah Rp320.000, sedangkan jenjang SMP sampai SMA sebesar Rp370.000.”

Loading...